AdvertorialNgawi

Peduli Kekeringan, GMN Bantu Air Bersih

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Krisis air bersih yang terjadi di Ngawi mengundang perhatian berbagai pihak. Tanpa kecuali komunitas Guyon Maton Ngawi (GMN). Pada Sabtu lalu (5/10), mereka ikut menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat di Dusun Nglegok dan Ngrebeng, Desa Pandean, Kecamatan Karanganyar. Serta di Desa Bangunrejo, Pakah, dan Mantingan. ‘’Wilayah tersebut mengalami krisis air yang parah. Sehingga setiap hari perlu dikirim air,’’ kata Alhanani Widiastuti, perwakilan pengurus GMN.

Sebanyak 25 ribu liter air bersih didistribusikan oleh komunitas GMN ke beberapa desa tersebut. Sebab, sumber-sumber air di wilayah itu sudah mengering. Bahkan, saat ini masyarakat menggantungkan kebutuhan air bersih mereka dari bantuan pemerintah dan pihak lain. ‘’Hanya cukup untuk kebutuhan air bersih konsumsi harian, jadi untuk MCK (mandi cuci kakus, Red) masih kurang,’’ ujarnya.

Alhanani tak menampik bantuan air bersih yang pihaknya distribusikan belum mampu mengatasi masalah kekeringan di wilayah tersebut. Karena itu, dia mendorong pihak lain untuk berperan membantu pendistribusian air bersih kepada warga yang terdampak kemarau. Sekalipun sumber air yang dijadikan sebagai lokasi untuk pendistribusian air bersih ke warga juga mulai menyusut. ‘’Truk tangki juga harus mengantre, ada puluhan truk yang mendistribusikan air setiap hari,’’ tuturnya.

Kasi Pelayanan Umum Desa Pandean Tarmudi mengapresiasi bantuan air bersih yang dilakukan oleh komunitas GMN. Bantuan itu bisa membantu keperluan warga sehari-hari. ‘’Sejak bulan puasa sampai saat ini, di tempat kami belum turun hujan sama sekali,’’ ungkapnya. (rio/tif/c1/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button