Madiun

Pedestrian Rimba Darma Dibangun, Jalan Ditutup Sementara

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat dipastikan tidak mengganggu pekerjaan proyek infrastruktur. Itu sesuai Instruksi Wali Kota Madiun (Inwal) 15/2021 yang merupakan penjabaran inmendagri. Salah satunya, kelanjutan pembangunan pedestrian Jalan Rimba Darma untuk sentra kuliner. Pekerjaan tahap dua yang dibiayai APBD dengan pagu Rp 10 miliar itu mulai dikerjakan.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Madiun Thariq Megah mengungkapkan, pemenang lelang mengajukan penawaran Rp 8,4 miliar dengan harga terkoreksi yang sama. Rekanan ditarget menuntaskan pekerjaan pertengahan November. ‘’Sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, kegiatan konstruksi harus tetap berjalan 100 persen. Karena itu, kami ingatkan untuk menerapkan prokes ketat dan jangan bergerombol,’’ katanya, Kamis (8/7).

Pekerjaan diawali pembongkaran jembatan Jalan Setiyaki dengan bobot pekerjaan sekitar dua persen. Selanjutnya pemasangan box culvert berukuran 5×3 meter sepanjang 210 meter ke arah selatan. ‘’Bobot pekerjaan paling berat di pemasangan box culvert,’’ ujarnya.

Bobot pekerjaan ini 70 persen. Sebab, aliran sungai harus dipastikan lancar mengalir melalui box culvert tersebut. Kemudian di atasnya dibangun trotoar selebar 6,3 meter. Berlantai keramik menyesuaikan pembangunan tahap pertama yang telah tuntas sebelumnya. ‘’Lebar pedestrian menyesuaikan kondisi jalan, karena semakin ke sana (selatan, Red) jalannya menyempit,’’ ungkap Thariq.

Kawasan Jalan Rimba Darma diproyeksikan untuk sentra kuliner dalam rangka pemulihan ekonomi dampak pandemi. Tahap selanjutnya pedestrian diteruskan sampai perempatan Jalan Baladewa. Kemudian di tahap akhir diteruskan hingga saluran di belakang Pasar Bunga. ‘’Selanjutnya menyesuaikan rencana jangka panjang yang sudah ditetapkan,’’ urainya.

Selama pekerjaan berlangsung, arus lalu lintas dialihkan. Mulai pertigaan Jalan Rimba Darma-Setiaki ditutup hingga perempatan Jalan Baladewa. Jalur alternatifnya, dari simpang lima Tugu Pendekar menuju Stadion Wilis dialihkan ke Jalan Abimanyu, Kresna, Setiaki. Kemudian dari Jalan Rimba Karya menuju simpang lima Tugu Pendekar dialihkan melalui Jalan Baladewa, Setiaki, Kresna, ke Jalan Rimba Darma. (kid/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button