Madiun

Pedestrian Diperlebar, Jalur Sepeda Digusur, Jalan Pahlawan Kian Menyempit

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Jalur sepeda di Jalan Pahlawan, Kota Madiun, berumur pendek. Baru setahun difungsikan, jalur khusus sepanjang 800 meter itu digusur demi melebarkan trotoar menjadi 4,5 meter. ‘’Jalur sepeda itu nantinya diganti,’’ kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Madiun Ansar Rosidi Selasa (10/3).

Ansar perlu melakukan kajian untuk memastikan kemungkinan penggantian jalur sepeda tetap di Jalan Pahlawan. Sebab, ruas itu menyempit imbas pembangunan pedestrian. Lebarnya berkurang dua meter dari sebelumnya 14 meter. ‘’Jika nanti ditambah jalur sepeda, otomatis lebar jalan berkurang menjadi 10,5 meter,’’ ujarnya.

Analisis sisa lebar Jalan Pahlawan mutlak dilakukan dishub. Sebab, korelasinya dengan volume kendaraan yang terbilang cukup padat. Terlepas rencana mengalihkan jalur sepeda di sisi luar pedestrian untuk mengoneksikan jalur pit-pitan ke seluruh destinasi wisata yang sedang dikembangkan pemkot. ‘’Kami sesuaikan kebutuhan masyarakat,’’ tutur Ansar.

Diketahui, jalur sepeda di Kota Pendekar mulai dibangun tahun lalu. Total panjangnya mencapai 2,8 kilometer dengan lebar 1,5 meter. Titiknya tersebar di jalan protokol yang melewati kawasan sekolah. Disinggung fasilitas itu kurang berfungsi maksimal, Ansar tidak menampiknya. ‘’Indikatornya masih banyak kendaraan yang parkir di jalur tersebut. Karena tidak ada kantong parkir lagi,’’ paparnya.

Terpisah, Wali Kota Madiun Maidi membenarkan bahwa jalur sepeda di Jalan Pahlawan digeser di luar jalur pedestrian. Rencananya dibuat tiga etape dengan jarak masing-masing lima kilometer. Selain agar lebih menarik, konsep itu mendukung keberadaan 12 hutan kota, destinasi wisata di kelurahan, dan perguruan tinggi. ‘’Sejumlah lokasi itu akan terhubung dengan jalur khusus sepeda,’’ katanya.

Perihal rutenya masih dibahas dishub, dinas perumahan dan kawasan permukiman (disperkim), serta dinas pekerjaan umum dan tata ruang (DPUTR). ‘’Sebagian jalur sepeda yang sudah ada tetap dipertahankan,’’ ujar Maidi. (kid/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button