NgawiPolitik

PDIP Optimistis Kuasai Parlemen Lagi

NGAWI – Peta perolehan kursi anggota legislatif di DPRD Ngawi hasil Pemilu 2019 kemungkinan bakal berubah. Dari rekapitulasi sementara, PDI Perjuangan (PDIP) berpeluang mengulang kemenangan pada Pemilu 2014 lalu. Sementara, Golkar pesimistis mampu merealisasikan target tambahan kursi di DPRD.

Ketua DPC PDI PDIP Ngawi Dwi Rianto Jatmiko optimistis partainya bakal kembali menguasai parlemen. Bahkan, dia menyakini perolehan suara PDIP pada pemilu kali ini melampaui hasil lima tahun lalu. ‘’Kami lihat dari tren di beberapa desa yang datanya sudah masuk, kemungkinan (perolehan suara) naik,’’ ujarnya, Kamis (18/4).

Antok –sapaan akrab Dwi Rianto Jatmiko- menyebut, hingga kemarin sore data yang sudah berhasil diinput pihaknya baru sekitar 30 persen. Meski begitu, terdapat indikasi raihan suara partai berlambang kepala banteng dengan moncong putih mengalami kenaikan. Di daerah pemilihan (dapil) 6 Ngawi, misalnya, perolehan suara partai plus calon anggota legislatif (caleg) sudah menembus angka kisaran 45 ribu. ‘’Masih ada beberapa desa yang datanya belum masuk,’’ katanya.

Meski belum seluruh data masuk, Antok memastikan perolehan suara PDIP di dapil tersebut sudah melampaui hasil Pemilu 2014. Pada pesta demokrasi lima tahun lalu, lanjut dia, partainya hanya mampu meraup sekitar 38 ribu suara. ‘’Saya kira kalau nanti datanya sudah masuk semua, angkanya tidak berubah signifikan. Kemungkinan finis di 46 ribuan,’’ sebutnya.

Antok meyakini perolehan suara PDIP di dapil lainnya juga bakal mengalami kenaikan. Hanya, dia belum bisa memastikan apakah hal itu berpengaruh pada penambahan jumlah kursi di DPRD. Apalagi, model penghitungan kursi legislatif yang digunakan sekarang berbeda dengan pemilu sebelumnya. ‘’Yang jelas, secara perolehan suara di Ngawi kami yakin menang lagi,’’ ucapnya.

Jika PDIP optimistis, beda halnya dengan Golkar. Sekretaris DPD Partai Golkar Ngawi Sarjono terkesan pesimistis terkait perolehan suara sementara partainya pada Pemilu 2019. Dia menyebut, peluang Golkar merealisasikan target tambahan kursi di DPRD dari tujuh menjadi 12 terbilang berat. ‘’Untuk mempertahankan itu (tujuh kursi, Red) saja saya kira sulit,’’ tuturnya.

Kendati begitu, Sarjono enggan terburu-buru mengambil keputusan. Pihaknya memilih menunggu proses rekapituasi seluruh data perolehan suara masuk selesai. ‘’Kemungkinan nanti malam (tadi malam, Red) sudah selesai,’’ ujarnya. (tif/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button