Ponorogo

Patung Tokoh Kesenian Reyog Ponorogo Menyala Waktu Malam

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Bukan sulap, apalagi sihir. Patung tokoh kesenian reyog yang menghiasi tujuh simpang jalan di Ponorogo kini mampu bersalin rupa. Jika matahari bersinar, patung-patung itu berkelir hitam doff. Beda kalau malam datang, warnanya berubah keemasan karena efek lampu.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko membenarkan adanya sentuhan lighting hingga patung-patung itu seperti berasal dari material logam di waktu malam. Ada pihak yang peduli hingga sudi berpartisipasi memasang lampu di tujuh patung peninggalan Bupati Markum Singodimedjo itu. ‘’Terbukti bagus dan tidak harus mahal. Partisipan meminta no name (namanya tidak disebutkan, Red),’’ kata Sugiri, Senin (10/5).

Dia sejak awal sepakat patung berbahan beton itu dicat gelap, teduh, dan redup. Warna polos tidak akan menimbulkan perubahan materi dari serupa batu menjadi logam atau plastik. Tampilan alami semata pertimbangan estetika. Nah, butuh permainan lighting di waktu malam agar karya seni itu lebih kentara. ‘’Membuat patung tampil lebih menarik dan tidak harus pakai make-up cat warna-warni,’’ jelasnya.

Menurut Sugiri, Ponorogo harus bersolek. Perubahan warna patung tidak berkaitan dengan hasil karya pemimpin sebelumnya. Dia tidak punya niatan sedikit pun menampar muka pihak lain lantaran setiap orang memiliki selera berbeda. ‘’Kalau untuk menjadi lebih baik perlu perubahan, mengapa tidak,’’ tanyanya balik. (mg4/c1/hw)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button