MagetanPeristiwa

Pasutri Keracunan, Balita Tenggelam

Sehari, Tiga Nyawa Melayang di Kartoharjo

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Warga Kartoharjo dihebohkan dua peristiwa maut yang terjadi dalam sehari di dua desa bersebelahan Senin (2/11). Peristiwa pertama pasangan suami istri (pasutri) di RT 11, RW 03, Dusun Waduk, Desa Bayemtaman. Peristiwa kedua balita tewas tenggelam di kubangan limbah belakang rumah di Desa Maron.

Kalaksa BPBD Magetan Ari Budi Santosa menduga tewasnya pasutri itu akibat menghirup gas beracun dari sumur sawah sedalam empat meter. Sulawi, 35, meninggal dengan posisi merangkul Paniran, 39, suaminya. ‘’Saat evakuasi, kami sempat terkendala pekatnya gas beracun dari dalam sumur,’’ ujarnya.

Nahas bermula saat Paniran memperbaiki pipa di persawahan Blok Suni. Namun, tak kunjung pulang sejak pamit dari pukul 10.00 hingga 13.00. Sulawi yang khawatir lantas menyusul suaminya. Begitu sampai di sumur, dia mendapati Paniran sudah tergeletak lemas. Sulawi sempat berteriak minta tolong. Pertolongan belum datang, dia nekat turun menghampiri suaminya. ‘’Warga menyebut Sulawi tewas ketika warga datang membantu,’’ jelasnya.

Evakuasi pasutri yang masih memiliki anak kelas IV SD itu membutuhkan waktu satu jam. Ari menyebut kejadian serupa sudah ketiga kalinya. ‘’Kami minta pemdes memberikan sosialisasi agar petani lebih waspada saat beraktivitas di sumur. Ketika ada kejadian seperti ini segera hubungi petugas. Jangan bertindak sendirian,’’ imbaunya.

Di hari sama, Edwin Wahyu Saputro tewas tenggelam di kubangan limbah belakang rumah di Desa Maron. Windi dan Eko Wahyu Setiono sempat melarikan anaknya ke Puskesmas Karangrejo. ‘’Sesampainya di puskesmas, ternyata sudah terlambat,’’ kata Kapolsek Karangrejo AKP Sukarno.

Dari olah tempat kejadian perkara (TKP), kubangan limbah dapur itu sedalam 50 sentimeter. Saat kejadian, kedua orang tua korban tidak tahu bila anaknya sedang bermain di belakang rumah. ‘’Meski tidak dalam, cukup membahayakan. Kami harap ini menjadi pelajaran bagi siapa pun,’’ ucapnya. (fat/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button