Madiun

Pasutri Asal Winongo Terkonfirmasi Nomor 39-40

Klaster Keluarga Semakin Kentara

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Tanpa imported case, klaster keluarga di Kota Madiun bertambah. Selasa (11/8) terdapat penambahan dua kasus baru pada pasien nomor 39 dan 40. Suami istri asal Kelurahan Winongo, Manguharjo, Kota Madiun, itu tidak memiliki riwayat perjalanan luar kota ataupun menerima tamu dari luar daerah.

Kabid Pengelolaan TIK Diskominfo Kota Madiun Noor Aflah mengungkapkan, pasien nomor 39 berinisial ER, suami berumur 56 tahun. Mulai mengeluhkan batuk, pilek, dan demam sejak akhir Juli. Kemudian periksa ke laboratorium swasta. ‘’Hasilnya masih dalam batas normal,’’ kata Aflah.

Lantaran demam tidak kunjung reda, akhirnya ER memeriksakan diri ke rumah sakit. Saat menjalani rapid test antibody, hasilnya nonreaktif. ER diizinkan menjalani rawat jalan dan dilaporkan sebagai suspect ke dinas kesehatan dan keluarga berencana (dinkes-KB) setempat. ‘’Puskesmas berinisiatif melakukan swab test,’’ lanjut Aflah.

Lantaran sempat didiagnosis pneumonia dan nafsu makan menurun, maka puskesmas melakukan swab test pada 7 Agustus lalu. Hasilnya terkonfirmasi positif kemarin. Bersamaan dengan itu, tenaga kesehatan juga melakukan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) terhadap istrinya. Hasil swab test menyatakan istrinya terkonfirmasi positif Covid-19. Istrinya yang berinisial DS usia 55 tahun itu tercatat sebagai pasien nomor 40. Dari pelacakan (tracing), petugas melakukan swab test terhadap tiga orang yang kontak erat. Ketiganya dinyatakan sehat. ‘’Keduanya isolasi mandiri di rumah,’’ terangnya.

Temuan dua kasus baru ini semakin menegaskan fakta bahwa klaster keluarga semakin kentara. Biasanya, klaster keluarga terbentuk dari imported case atau kasus yang dibawa karena mobilitas dari satu daerah ke daerah lain. Namun, keduanya dipastikan tidak melakukan perjalanan ke luar kota dalam beberapa waktu terakhir. Keduanya juga tidak pernah menerima tamu dari luar kota. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close