Magetan

Pasti, 412 Formasi CPNS Kabupaten Magetan Tidak Terpenuhi

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Hanya satu pelamar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 formasi disabilitas di Magetan. Kendati tanpa pesaing, bukan berarti otomatis diterima. Sebab, tetap harus lolos tes seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB). ‘’Tidak ada lawan bukan berarti menang,’’ kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Magetan Masruri Minggu (2/2).

Namun, dengan diturunkannya passing grade, dia berharap pelamar disabilitas lolos SKD dan bisa mengikuti SKB. Sebab, jika tak lolos, 412 formasi CPNS Kabupaten Magetan akan berkurang. Apalagi, untuk penyandang disabilitas, sejatinya ada empat formasi. Yakni, guru pendidikan agama Islam (PAI). ‘’Tidak bisa serta merta lolos, harus sesuai prosedur,’’ ujarnya.

Formasi guru SDN Kalang untuk formasi umum pun disediakan untuk penyandang disabilitas. Selain itu, guru kelas untuk penyandang disabilitas dijatah empat formasi. Satu formasi guru SDN Kerang juga untuk disabilitas. ‘’Tapi, hanya satu yang lolos administrasi,’’ tutur Masruri.

Selain formasi disabilitas yang dipastikan tidak penuh, formasi dokter spesialis juga demikian. Dari jatah 11 formasi, hanya satu pelamar. Yakni, dokter spesialis kandungan. Sembilan formasi dokter spesialis lainnya tanpa pelamar. ‘’Memang tidak akan penuh 412 formasi,’’ klaimnya.

Masruri menduga, salah satu penyebabnya tak ada pelamar yang lolos administrasi. Tahun lalu pun demikian. Jatah dari pemerintah pusat tidak bisa terpenuhi 100 persen. ‘’Karena bisa dibilang khusus,’’ jelasnya.

Saat ini, para pelamar CPNS tengah mengikuti tes SKD di SMKN 1 Magetan. Sehari, diikuti sekitar 1.000 pelamar. Panitia seleksi daerah menyediakan lima ruangan tes. Satu ruangan tersedia 40 unit komputer. Sehari hingga lima sesi. ‘’Kami menyesuaikan kemampuan SMKN 1 karena kami nebeng,’’ ujarnya. (bel/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close