Magetan

Pasokan Air Minum 600 KK Terganggu

Sling Pengait Pipa PDAM Lawu Tirta di Tapak Putus

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Pasokan air minum sekitar 600 kepala keluraga (KK) di Desa Tapak dan Sumberdodol, Panekan, terganggu. Gegaranya, pipa jaringan distribusi PDAM Lawu Tirta Magetan rusak. Sejatinya Minggu (8/3) sudah mulai diperbaiki. ‘’Tapi butuh waktu lebih lama lantaran kondisi medan terlalu curam,’’ kata Dirut PDAM Lawu Tirta Welly Kristanto.

Menurut dia, jaringan pipa transmisi sektor Tapak rusak sejak Jumat (6/3). Timnya melakukan inspeksi Sabtu pagi (7/3). Sehingga, pelayanan di cabang V Tapak terganggu. Debit air tinggal lima liter per detik.  Sambungan pipa bergeser lantaran sling  pengait putus. Sehingga, air meluber keluar dari pipa. ‘’Jadi, bukan karena longsor,’’ ujarnya.

Sekitar 10 petugas dikerahkan untuk perbaikan. Mereka juga dilengkapi alat las untuk menyambung kembali pipa yang putus. ‘’Di Tapak medannya cukup sulit, peralatannya harus cukup demi keselamatan petugas dan tepatnya penanganan,’’ jelas Welly.

Petugas harus berjalan kaki menuju titik kerusakan. Lantaran tidak bisa dijangkau kendaraan roda dua. Waktu tempuh yang cukup lama mengakibatkan proses perbaikan molor. Dia memperkirakan butuh waktu sekitar lima jam untuk menyambung sling dan mengembalikan pipa ke posisi semula plus pengelasan. ‘’Selesai sekitar pukul 16.00,’’ ungkapnya.

Welly menambahkan, ada tiga titik lain yang sambungan pipanya rawan putus. Yakni, di Tirtogumarang, Cemorotelo, dan Ondo-ondo. Strukturnya pun sama dengan pipa yang rusak tersebut. Sambungannya diikat sling. Lantaran lokasinya di pegunungan dengan medan ekstrem, cukup sulit memperbaikinya. ‘’Sebenarnya juga butuh dilas agar lebih kuat,’’ tuturnya.

Paling sulit saat musim hujan. Debit air yang cukup tinggi membuat tekanan dalam pipa jadi besar. Sehingga, pipa rentan bocor. Itu sering terjadi di daerah atas yang medannya sulit. Gangguan semacam itu juga merata di  seluruh wilayah Kabupaten Magetan. ‘’Terutama di daerah yang sumber airnya besar,’’ sebutnya. (fat/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button