Magetan

Pasien Positif Covid-19 Magetan Bertambah 3 Orang

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Grafik Covid-19 sempat mengalami penurunan pada Kamis (18/6). Setelah dua pasien positif asal Maospati dinyatakan sembuh. Namun, grafik pasien positif korona itu kembali merangkak naik. Diawali penambahan pasien ke-90 dari Kecamatan Parang yang bekerja sebagai sopir kontainer di Surabaya, Sabtu (20/6).

Minggu (21/6) jumlah pasien positif bertambah tiga. Pasien ke-91 bekerja di pelayaran. Ketika hendak berangkat kerja melakukan rapid test dan hasilnya reaktif. Hasil swab test-nya juga dinyatakan positif. Pasien ke-92 merupakan istri pasien ke-88 yang sudah meninggal dunia pada 11 Juni lalu. Sementara pasien ke-93 merupakan warga Kecamatan Sidorejo yang memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta. “Saat rapid test reaktif, dilanjutkan PCR swab dan hasilnya positif,” kata Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Magetan Saif Muchlissun.

Terkait pasien ke-90, TGTPP mencatatkan laki-laki 45 tahun itu baru pulang dari Kota Pahlawan pada 14 Juni lalu. Kemudian berobat ke dokter di Ngariboyo pada 17 Juni. Demi mengantisipasi penularan, pasien tersebut dirujuk ke RSUD dr Sayidiman, Magetan. Langkah cepat dilakukan pihak medis dengan melakukan swab test. ”Hasilnya positif Covid-19,” ungkapnya.

Tim medis dengan cepat turun ke kediaman pasien untuk melakukan contact tracing. Didapati anggota keluarga yang kontak erat meliputi istri, ibu, dan dua anak. Hari ini (22/6) Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan bakal melakukan swab test. ”Keluarga sudah isolasi mandiri dengan pengawasan lingkungan,” terangnya.

Jumat (19/6), grafik juga mengalami pergerakan. Setelah pasien perempuan 73 tahun asal Nguntoronadi terpapar Covid-19. Pasien ke-89 itu tercatat sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di RSUP Soedono, Madiun. “Kami sudah menelusuri siapa saja yang terlibat interaksi dengan pasien untuk di-swab test dan menjalani isolasi mandiri,” papar pria yang juga menjabat kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Magetan itu.

Dengan adanya dua penambahan kasus selama dua hari berturut, kini jumlah pasien positif tembus 90 orang. Dari total itu, menyisakan 17 kasus (isolasi mandiri di rumah dan rumah sakit). Sebanyak 69 kasus di antaranya telah dinyatakan negatif dan empat pasien meninggal dunia. “Pandemi ini memang tidak akan bisa berakhir. Kita akan hidup berdampingan dengan menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (bel/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close