Pacitan

Pasien Positif Covid-19 Asal Pacitan Bertambah Dua

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Penderita korona di Pacitan terus bertambah. Teranyar, hasil uji swab dua santri pondok pesantren (ponpes) di Temboro, Magetan, dinyatakan positif Covid-19 Minggu lalu (10/5). Tiga hari sebelumnya, seorang santri juga dinyatakan terinfeksi. Total jadi sembilan penderita positif di Pacitan. ‘’Dua yang baru ini sebenarnya sudah di wisma atlet, karena hasil rapid test sebelumnya reaktif,’’ kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan (GTP) Covid-19 Pacitan Rahmad Dwiyanto Senin (11/5).

Rahmad mengungkapkan, dua pasien tersebut dari Kecamatan Nawangan, Pacitan. Laki-laki, berusia 18 dan 21 tahun, kondisinya sehat. Ditengarai mereka tertular saat mondok. Namun, tak menunjukkan gejala. GTP pun memutuskan mengarantina di wisma atlet. ‘’Tentu dengan standar pelayanan dan kesehatan yang setara rumah sakit,’’ ujar kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pacitan itu.

Sejatinya, perawatan dapat dilakukan di beberapa tempat, khususnya penderita kategori ringan. Tak hanya RSUD, karantina dapat dilakukan pasien di rumah masing-masing. Namun, kamar khusus tersebut harus steril dari kegiatan orang lain. Pun memiliki fasilitas lengkap termasuk kamar mandi di dalam ruangan. ‘’Tidak ada kontak dengan keluarga dan juga alat makannya harus khusus,’’ paparnya.

Namun, tak semua warga mampu memenuhi syarat tersebut. Sehingga, rawan penularan. Petugas pun memutuskan mengarantina di wisma atlet dan rumah sakit. Untuk memudahkan petugas kesehatan memantau. ‘’Saat ini, dari sembilan orang, hanya satu yang memiliki riwayat penyakit bawaan,’’ terangnya sembari menyebut seluruh pasien dirawat di Pacitan.

Bupati Pacitan Indartato berencana mengetati protokol pencegahan. Tak sekadar imbauan dan sosialisasi, sanksi tegas bakal dijatuhkan bagi pelanggar. Termasuk warga yang enggan memakai masker di luar rumah. ‘’Karena penularan virus ini berbahaya, kami sudah rumuskan sanksinya. Tinggal penerapannya,’’ ujar bupati sembari menyebut jumlah PDP jadi tiga orang. (gen/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button