Magetan

Pasien Positif Asal Magetan Bertambah Tiga

Satu Pernah Kontak Fisik dengan Pasien Asal Kabupaten Madiun

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Penularan Covid-19 di wilayah Magetan semakin meluas. Pemkab mengonfirmasi adanya tambahan tiga pasien positif korona. Dua di antaranya merupakan santri pondok pesantren (ponpes) Temboro, Karas, asal Malaysia. Sedangkan seorang lainnya warga luar lingkungan ponpes tersebut.

Jubir Penanganan Covid-19 Magetan Saif Muchlissun mengatakan, kedua santri asal Malaysia itu sebelumnya menjalani rapid test dan menunjukkan hasil reaktif. Setelah dilakukan swab test dinyatakan positif terpapar Covid-19. ‘’Dua santri itu bagian 31 santri hasil rapid test-nya reaktif,’’ ujarnya Selasa (28/4).

Kedua santri itu kini menjalani isolasi di salah satu ruangan ponpes tersebut. Meski begitu, tidak menunjukkan gejala atau asimptomatik sehingga tak perlu dirujuk ke RSUD dr Sayidiman. ‘’Ada ruangan khusus yang disiapkan pihak pondok untuk isolasi,’’ tuturnya.

Muchlis –sapaan Saif Muchlissun- menambahkan, dari 31 santri reaktif hasil rapid test, hingga kini baru 18 yang keluar hasil swab-nya. ‘’Yang 13 masih menunggu karena lab di Surabaya melayani berbagai daerah,’’ katanya. ‘’Baik yang positif maupun reaktif diisolasi secara ketat dan mendapatkan pengawasan petugas medis,’’ imbuhnya.

Sementara, pasien ke-13 yang merupakan warga luar lingkungan ponpes diketahui pernah kontak fisik dengan pasien positif korona dari Kabupaten Madiun. Saat ini, pasien laki-laki usia 47 tahun itu tengah dirawat di RSUD dr Soedono, Madiun.

Sebelumnya, Gugus Tugas Penanganan Pandemi Covid-19 Magetan melakukan rapid test terhadap 305 santri. Hasilnya, 31 reaktif dan dilakukan swab test untuk memastikan positif korona atau tidak. Hasil awal terdapat 16 santri yang dinyatakan positif. Mereka berasal dari Malaysia, Thailand, dan sejumlah daerah di tanah air. ‘’Santri yang nonreaktif dipulangkan dengan catatan dalam kondisi sehat dan sudah mendapatkan tiket,’’ pungkasnya. (bel/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close