Madiun

Pasien Isoter Covid-19 Kota Madiun Terus Menurun

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Kurva kasus Covid-19 berangsur-angsur menurun. Salah satunya dapat dilihat dari tingkat hunian isolasi terpadu (isoter). Di Rumah Sakit Lapangan Wisma Haji (RSLWH) Kota Madiun, misalnya. Jumlah pasien semakin sedikit.

Per Jumat (17/9) hanya dihuni 20 pasien. Padahal, kapasitas yang disediakan 182 tempat tidur. ‘’Sebelumnya sampai 100 pasien, sekarang tinggal itu. Berarti berapa persen itu turunnya,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kota Madiun Denik Wuryani, Minggu (19/9).

Menurut Denik, tren penurunan itu terjadi dalam sebulan terakhir. Mulai pertengahan Agustus hingga bulan ini. Sementara di tempat isoter lain, Rusunawa II, hingga kini malah nihil penghuni. Tempat itu disiapkan untuk merawat pasien kalangan aparatur sipil negara (ASN) dan tenaga kesehatan (nakes). ‘’Rusunawa kosong,’’ sebutnya.

Denik mengklaim penurunan tersebut tidak lepas dari ikhtiar Pemkot Madiun dalam mengendalikan laju sebaran Covid-19. Antara lain, melalui percepatan vaksinasi yang telah mencapai herd immunity alias lebih dari 70 persen. Tepatnya, 77 persen dosis pertama dan 44 persen dosis kedua. ‘’Juga swab test massal gratis yang sampai saat ini terus dimasifkan,’’ ungkapnya. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button