Ponorogo

Pasien Covid-19 Berkurang, tapi Kasus Aktif Ponorogo Masih Tertinggi se-Jatim

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Kasus Covid-19 di Ponorogo terus melandai. Bahkan, selter yang menempati sisi timur Gedung Sentra Industri (GSI) di Jalan Trunojoyo kini tinggal berpenghuni delapan pasien dengan gejala ringan.

Lima rumah sakit rujukan juga hanya mencatat 54 pasien dirawat. Sedangkan, pasien isolasi mandiri (isoman) sebanyak 120 orang. Meski demikian, Ponorogo tetap tercatat sebagai daerah dengan kasus aktif tertinggi di Jatim. Jumlahnya per kemarin (22/9) ada 182 kasus.

Kasi Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo Haryono menyebut, pasien yang dirawat di selter bakal bergiliran pulang dalam beberapa hari ke depan lantaran masa perawatan dari infeksi coronavirus sudah habis. ‘’Sejak satu minggu yang lalu sudah tidak ada tambahan pasien baru lagi,’’ kata Haryono, Kamis (23/9).

Soal masih adanya pasien isoman, Haryono mengaku tidak dapat berbuat banyak. Kendati perawatan di selter dan rumah sakit, menurutnya lebih memadai. Selain ketersediaan obat, pola makan bergizi sengaja diatur. Tenaga kesehatan (nakes) tidak kuasa memaksa jika pasien tetap memilih tinggal menyendiri di rumah. ‘’Ada penilaian dari nakes di masing-masing puskesmas, apakah rumah pasien memang layak untuk isoman,’’ terang Haryono. (mg7/c1/hw/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button