Magetan

Pasar Parang Dibongkar, Bangun Baru Didanai APBN

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Sebuah pasar bertipe D yang diproyeksikan memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) itu akan dibangun di Kecamatan Parang tahun ini. Pemkab tak merogoh koceknya sendiri. Proyek pembangunan Pasar Parang Baru itu bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). ‘’Arahnya dapat memenuhi SNI,’’ kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sucipto, Senin (21/6).

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengalokasikan Rp 3,7 miliar untuk membangun Pasar Parang Baru. Konsep dan masterplan langsung dari Kemendag. ‘’Proyek ini tugas pembantuan. Baik anggaran, desain, maupun lain-lain, semua dari pusat,’’ ujarnya.

Sesuai usulan dari pemkab, pasar tersebut akan bertipe D lantaran pedagang yang diakomodasi tak sampai seratus orang. Acuannya Permendag 37/M-DAG/PER/5/2017 tentang Pedoman Pembangunan dan Pengelolaan Sarana Perdagangan. ‘’Tipe D merupakan yang terkecil,’’ sebutnya.

Pasar Parang Baru akan berdiri dekat dengan Pasar Parang yang lama. Sucipto memastikan pasar yang lama tidak akan tergusur oleh yang baru. Pasalnya, pasar baru dibangun untuk mengakomodasi jumlah pedagang yang bertambah. Luas lahan yang disiapkan mencapai 800 meter persegi. Pasar akan dilengkapi 19 kios dan los untuk menampung maksimal 90 pedagang. ‘’Juga akan dilengkapi musala, TPS, dan kantor pengelola,’’ terangnya. (fat/c1/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button