AdvertorialPonorogo

Pasar Legi Motor Penggerak Ekonomi

Beragam Manfaat Disediakan untuk Pedagang dan Masyarakat

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Keberadaan Pasar Legi bakal memberi manfaat bagi masyarakat Ponorogo. Bukan sekadar jadi kebanggaan daerah, tapi akan jadi motor penggerak perekonomian Bumi Reyog. ‘’Pasar Legi dapat mengangkat perekonomian masyarakat kecil, pedagang kecil, dan Ponorogo pada umumnya,’’ kata Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni Selasa (8/9).

Pasar Legi merupakan satu-satunya pasar di Indonesia yang berspesifikasi bangunan gedung hijau (BGH). Ruang terbuka tersedia cukup di pasar modern ini. Membuat transaksi perniagaan terasa nyaman bagi pedagang maupun pembeli. ‘’Ini pasar pertama di Indonesia dengan spesifikasi BGH,’’ ungkapnya.

Pedagang kecil dan masyarakat bakal mendapat fasilitas lengkap seperti ruang tunggu, ruang bermain anak, maupun ruang kesehatan. Akses pemodalan mudah lantaran akan disediakan area khusus bagi perbankan dan koperasi. Fasilitas pergudangan di pasar ini juga menguntungkan para pedagang. Bisa memperpendek mata rantai pemasaran. ‘’Berbagai manfaat ini dapat dirasakan para pedagang, termasuk pedagang kecil,’’ sebutnya.

Di Pasar Legi nanti, akan tersedia 2.480 unit lapak, kios, dan pertokoan. Belum termasuk area pedagang obrok dan lainnya. Diperkirakan mampu menampung sekitar 4.000 pedagang. Mencakup pedagang lama Pasar Legi, eks pengadilan, eks stasiun, dan Pasar Lanang. ‘’Pedagang masuk ke Pasar Legi gratis. Total empat lantai tersedia, cukup untuk menampung sekitar 4.000 pedagang,’’ terangnya.

Pun akan disediakan area khusus bagi usaha kecil dan mikro. Siapa pun boleh mengajukan diri. Hak pedagang dijamin tidak akan terganggu. Pedagang lama tidak akan tergeser pedagang baru. Perkiraan, Februari 2021 dapat dilakukan serah terima dari PT Adhi Persada Gedung (APG) kepada pemerintah. Ditargetkan, pedagang bisa mulai boyongan Maret. ‘’Pembangunan Pasar Legi dapat terealisasi berkat kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dan daerah,’’ jelas Ipong. (naz/c1/sat/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close