Ponorogo

Pasar Legi Baru Ditarget Kelar Akhir Tahun

Sterilisasi Lahan Baru Mulai Pekerjaan

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Banyak alat berat yang bakal didatangkan untuk pembangunan Pasar Legi. Sampai kini, PT Adhi Persada Gedung (PT APG) terus mematangkan sampai megaproyek garapan pusat itu benar-benar dimulai.

Sejak awal bulan ini, seluruh lahan bekas bangunan lama di ujung Soekarno Hatta itu telah dikelilingi pagar. Sterilisasi itu untuk memudahkan proses persiapan lahan sebelum alat berat didatangkan. ‘’Persiapannya cukup banyak karena nominal proyek ini memang besar,’’ kata Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro (Disperdakum) Ponorogo Addin Andhanawarih Kamis (20/2).

Persiapan lahan menjadi pijakan awal yang dilakukan anak usaha PT Adhi Karya itu. Sebelumnya, ekskavator telah didatangkan untuk meratakan tanah. Mulai dari lahan Pasar Legi sampai ke utara di lahan bekas eks pengadilan. ‘’Persiapannya tidak main-main,’’ tegasnya.

Anggaran yang disiapkan untuk membangun Pasar Legi baru memang fantastis. APBN mengalokasikan pagu Rp 165 miliar. PT APG memenangkan lelang dengan nilai tawaran Rp 133 miliar. ‘’Spesifikasinya bangunan gedung hijau (BGH),’’ sebutnya.

Kelak, tenaga yang dikerahkan rekanan bakal lebih besar. Setelah kuku pembangunan mulai ditancapkan. Selain mendatangkan alat berat seperti crane, tentu mengerahkan pekerja dalam jumlah masif. Guna mengejar deadline pekerjaan proyek sampai akhir tahun nanti. ‘’Target itu masih realistis,’’ ujarnya.

Keyakinan Addin mendasar pada reputasi positif PT APG di bidang pembangunan gedung bertingkat. Jejak pekerjaan itu harus dipertahankan oleh rekanan skala nasional tersebut. ‘’Satu tahun selesai itu menjadi komitmen pemenang lelang,’’ tandasnya. (naz/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close