MejayanPolitik

Parpol Peraih Kursi di DPRD Kabupaten Madiun Galang Kekuatan Bentuk Fraksi

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Dinamika politik DPRD Kabupaten Madiun langsung menggeliat pasca pengambilan sumpah 45 anggota baru. Sejumlah partai politik (parpol) sibuk menggalang koalisi untuk membentuk fraksi.

Geliat di Gedung Klitik, sebutan gedung DPRD Kabupaten Madiun, tersebut terlihat dalam dua hari terakhir. Sejumlah anggota parpol di dewan menggelar rapat terbatas. Partai Golkar misalnya, melaksanakan kegiatan itu di ruang rapat fraksi. Sedangkan PDIP di ruang wakil ketua.

Ketua DPRD Kabupaten Madiun sementara Sarwo Edi menyatakan, agenda yang harus dituntaskan pasca pelantikan adalah pembentukan fraksi. Itu bagian penting dalam kelembagaan sebagai penghubung antara parpol dengan wakilnya di DPRD. Meski urgen, namun pihaknya tidak memberi tenggat. ‘’Cepat atau lambat bergantung pembahasan internal masing-masing partai,’’ katanya.

Pembentukan itu tidak difasilitasi dalam rapat formal. Masing-masing parpol punya cara sendiri. Mengingat ada partai yang sudah memenuhi syarat membentuk fraksi mandiri. Perlu berkoalisi karena belum memenuhi syarat minimal empat kursi atau demi membangun kekuatan. ‘’Tapi, kami harap bisa cepat dan segera mengusulkan struktur kepengurusan fraksinya,’’ ujarnya.

Sebab, lanjut Sarwo, ada kegiatan lain yang menunggu. Seperti menyusun peraturan tata tertib (tatib) DPRD. Proses itu didahului pembentukan pansus non kegiatan. Tatib itu nantinya ditetapkan pimpinan dewan definitif. ‘’Kami mengejar beberapa tugas pada 2019,’’ tuturnya.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Madiun Ferry Sudarsono mengatakan, tidak menutup kemungkinan partai lain bergabung demi menambah kekuatan dari sembilan kursi yang dimiliki. Komunikasi dan pendekatan terus berlangsung. Baik parpol kursi gemuk maupun kecil. ‘’Koordinasi dan pendekatan terus berjalan,’’ katanya seraya membenarkan ada komunikasi dengan Partai Hanura yang mengoleksi dua kursi.

Ditanya nama calon ketua fraksi, Ferry belum bisa menjawab. Kendati kandidat sudah dikantongi. Alasannya, menunggu waktu yang tepat. Sosok tersebut bisa memahami situasi di dewan dan sanggup menjembatani parpol. ‘’Yang jelas Fraksi PDIP akan mengawal kinerja pemerintahan,’’ janjinya. (cor/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close