Madiun

Parkir Roda Dua Pindah, Manajemen Plaza Madiun Pilih Sewa Sumber Umis

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Polemik pembangunan drop zone Plaza Madiun menemui titik terang. Tempat untuk menurunkan pengunjung dari kendaraan itu segera tuntas. Pihak manajemen plaza di Jalan Pahlawan itu telah memilih satu dari dua opsi yang ditawarkan Pemkot Madiun. Yakni, memindahkan lahan parkir yang akan dibangun drop zone ke Sumber Umis.

Corporate PR & Reputation Management Lippo Malls Indonesia yang membawahi Plaza Madiun Nidia N. Ichsan mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan pertemuan intensif dengan Pemkot Madiun. Drop zone akan dibangun di depan pintu utama mal yang sebelumnya untuk tempat parkir roda dua. ‘’Kami sudah koordinasi terkait pembangunan drop zone,’’ kata Nidia, Rabu (16/6).

Pihaknya memilih opsi menyewa lahan parkir di basemen sisi utara Sumber Umis. Nantinya akan dikelola manajemen Plaza Madiun. Menggantikan area parkir yang akan dibangun drop zone. ‘’Jadi, kami sudah memilih salah satu opsi yang ditawarkan Pemkot Madiun,’’ ujarnya.

Selanjutnya dilaksanakan perjanjian kerja sama sewa lahan dan kelola parkir dengan Pemkot Madiun. Dalam hal ini di bawah kewenangan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Madiun selaku pihak berwenang di kawasan parkir Sumber Umis. ‘’Sebenarnya pembangunan drop zone telah menjadi bagian rencana pengembangan Plaza Madiun,’’ tuturnya.
Pun pihaknya mengapresiasi Pemkot Madiun serta pengelola parkir yang telah berkomitmen mewujudkan pembangunan tersebut. Nidia menyebut bahwa keberadaan drop zone penting di kawasan mal. ‘’Keberadaannya bermanfaat,’’ ungkapnya.

Dengan adanya drop zone, kendaraan dapat menurunkan pengunjung di depan mal langsung. Tanpa mengganggu lalu lintas di Jalan Pahlawan. Pihaknya memastikan persoalan yang ada segera klir. ‘’Ini kami terus intensif koordinasi,’’ ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Sekda Rusdiyanto menyebut bahwa drop zone bagian dari persyaratan pemenuhuan analisis dampak lalu lintas (amdal lalin). Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) 75/2015 tentang Penyelenggaraan Amdal Lalin. Pasca-audiensi, pihak Plaza Madiun cukup melaporkan opsi yang dipilih. Selanjutnya pembangunan drop zone dapat segera dikerjakan. (kid/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button