Pacitan

Pantang Jadi Ajang Tindak Asusila, Disparpora Sebar CCTV di Sembilan Objek Wisata

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Pikir-pikir dulu jika hendak berbuat asusila di kawasan wisata Pacitan. Dinas pariwisata, pemuda, dan olahraga (disparpora) setempat bakal memasang closed circuit television (CCTV) di sejumlah tempat pelesiran.

Sekretaris Disparpora Pacitan Eno Smith Muduni mengatakan, kamera pengawas itu bakal dipasang di sembilan lokasi. Di antaranya, Pantai Pancer Door, Watukarung, Gua Gong, dan pemandian Banyu Anget. ‘’Setiap titik dipasang dua CCTV,’’ kata Eno Senin (10/2).

Dua CCTV itu, lanjut Eno, satu mengarah ke pengunjung dan satunya lagi dipasang di dalam loket petugas. Hal itu untuk mengantisipasi kebocoran retribusi masuk objek wisata. Khusus Pantai Pancer Door, satu CCTV ekstra bakal dipasang di sekitar taman setempat. ‘’Itu antisipasi kami, karena ada laporan kalau lokasi tersebut kerap dijadikan ajang tindak asusila,’’ ujarnya.

Dia menyebut, penganggaran pemasangan CCTV diupayakan masuk PAK pertengahan tahun mendatang. Jika gagal, pihaknya bakal mengusulkan lewat APBD 2021. ‘’Agar tak ada yang usil atau macam-macam saat di pantai, pengawasan diperketat,’’ tutur Eno.

Dia menambahkan, Pantai Klayar telah dilengkapi CCTV. Ada tiga unit yang dipasang. Masing-masing menghadap pintu masuk, depan loket, serta di dalam loket. Kamera pengawas tersebut terkoneksi dengan monitor di Disparpora Pacitan. ‘’Efektif untuk memantau kemacetan saat libur Nataru (Natal dan tahun baru, Red) lalu,’’ jelasnya.

Menurut dia, pemasangan CCTV di objek wisata itu penting untuk menjaga citra pariwisata Pacitan. Pun, memudahkan petugas mengambil tindakan saat kejadian darurat. (gen/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button