Magetan

Panjat Tugu Puncak Lawu, Pemuda Asal Jogjakarta Disanksi Tanam Pohon

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Sudah mendaki Gunung Lawu tidak melalui jalur resmi, berulah pula ketika tiba di puncak. Pada 17 Agustus lalu, Rizki Tri Cahyo Legowo, pemuda asal Jogjakarta, nekat memanjat Tugu Hargo Dumilah dengan dibantu temannya. Di atas tugu batas wilayah Magetan dan Karanganyar itu, pemuda 27 tahun tersebut mengibarkan bendera Merah Putih.

Video yang merekam ulah tidak terpuji Rizki lantas viral di media sosial. Kamis (26/8) Rizki menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat dan Perhutani BKPH Lawu Ds atas kejadian tersebut. ‘’Apa yang saya lakukan salah dan tidak patut dicontoh,’’ kata Rizki.

Rizki mengaku mendaki Gunung Lawu melalui Jogorogo, Ngawi, yang notabene bukan jalur pendakian resmi. Apalagi, dilakukan di tengah situasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). ‘’Saya tahu sedang PPKM, jadi lewat jalur tikus. Apa yang saya lakukan itu spontanitas,’’ kelitnya.

Aksi Rizki berbuah sanksi. Oleh Pemkab Karanganyar Rizki dijatuhi sanksi menanam 17 pohon. Mewakili institusinya, Asisten Perhutani BKPH Lawu Ds Puguh Yudi menerima permohonan maaf Rizki. Namun, pemuda usil itu juga disanksi membantu kegiatan reboisasi di Gunung Lawu. ‘’Ketika ada giat penanaman pohon, akan kami panggil untuk membantu,’’ ujarnya. (mg5/c1/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button