News

Panjang Jari Jari Sebuah Lingkaran Adalah Kali Panjang Diameternya

×

Panjang Jari Jari Sebuah Lingkaran Adalah Kali Panjang Diameternya

Share this article

Panjang Jari Jari Sebuah Lingkaran Adalah Kali Panjang Diameternya – Tahukah kamu kalau lingkaran juga punya unsur lho! Apa saja unsur-unsur lingkaran? Ayo belajar bersama di artikel Matematika kelas 8 ini! —

“Pak, SIM dan STNK bapak sudah lengkap? Selain itu, mesin bapak juga sepertinya tidak ada perubahan. Jadi menurut saya akan aman pak. Tenang saja!”, jawab penumpang acuh tak acuh.

Panjang Jari Jari Sebuah Lingkaran Adalah Kali Panjang Diameternya

“Oh, tentu saja. Aku lupa kalau motorku punya surat-surat lengkap. Cepat panik sebelum aku melihat berapa banyak orang yang masuk!”

Penyebab Dan Gejala Asam Urat Sering Disepelekan, Kenali Sebelum Terlambat

Apakah Anda juga pernah panik saat melihat polisi menyerang di jalan? Belum, takutnya harus ambil tiket dulu. Meskipun kami tidak sedang mengemudi, kami gugup!

Jadi sebelum kita berkendara, baik sebagai pengemudi maupun penumpang, pastikan mobilmu aman dan surat-suratmu lengkap ya! Kalau naik sepeda motor jangan lupa pakai helm dan kalau naik mobil jangan lupa pakai sabuk pengaman! Karena tujuan dari helm dan sabuk pengaman adalah keselamatan, bukan untuk menghindari razia polisi :p

Saat penyerangan seperti ini dilakukan, biasanya yang ditilang adalah pengemudi yang tidak memiliki dokumen lengkap atau pengemudi yang memodifikasi mobilnya dengan cara yang aneh-aneh guys. Anda pasti sering melihat pengendara sepeda motor mengganti ban sepeda motornya dengan ban yang lebih kecil. Bahkan diameter ban sepeda motor dan mobil dihitung di pabrik untuk memenuhi peraturan keselamatan lho! Jika berubah menjadi lebih kecil atau lebih besar tentu bisa berbahaya.

Oh ya, tapi ngomong-ngomong soal diameter, tahukah kamu kalau diameter termasuk dalam elemen lingkaran lho!

Baca Juga  Organisasi Bulutangkis Nasional Induk Adalah

Jenis Jenis Bangun Datar, Lengkap Dengan Rumus Menghitung Keliling Dan Luasnya

Hmm… apa saja unsur lingkaran? Baiklah, mari kita bicara! Namun sebelum itu, mari kita bahas dulu pengertian lingkaran, agar lebih mudah dipahami.

Lingkaran adalah himpunan titik-titik pada suatu garis lurus yang semuanya berjarak sama terhadap suatu titik tertentu. Titik khusus ini disebut pusat lingkaran. Jadi jika titik-titik tersebut dihubungkan satu sama lain maka akan membentuk garis lengkung yang tak terhingga.

Unsur lingkaran ada 8 yaitu titik pusat, jari-jari, diameter, tali busur, busur, rusuk, penampang dan apotema. Mari kita bicara satu lawan satu, oke?

Titik pusat adalah titik yang berjarak sama terhadap semua titik pada keliling lingkaran. Letaknya tepat di tengah-tengah lingkaran. Pada gambar di atas, titik O merupakan pusat lingkaran.

Diketahui Jari Jari Sebuah Bola 4 Cm. Tentukan Dia

Jari-jari adalah ruas garis yang menghubungkan pusat lingkaran dengan suatu titik pada keliling tersebut. Jari-jari dilambangkan dengan huruf kecil r. Pada gambar di atas ruas garis OA, OB, OC dan OD merupakan jari-jari lingkaran. Panjang OA = OB = OC = OD.

Diameter adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran dan melalui pusat lingkaran. Diameter dilambangkan dengan huruf kecil d. Panjang diameter sama dengan 2 kali panjang jari-jari lingkaran. Pada gambar di atas, ruas garis BD adalah diameter lingkaran. Panjang BD = 2OA = 2OB = 2OC = 2OD.

Tali busur adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran, baik melalui pusat lingkaran maupun tidak. Pada gambar di atas, ruas garis AB dan BD merupakan tali busur lingkaran.

Busur adalah garis lengkung pada kelengkungan lingkaran yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran. Pada gambar di atas garis lengkung AB, BC, CD dan AD merupakan busur lingkaran. Busur ada 3 jenis yaitu :

Baca Juga  Gambar Ilustrasi Terdiri Dari Dua Jenis Yaitu Gambar Ilustrasi

Macam Model Cincin Berlian Wanita Yang Populer Di Industri Perhiasan

Lingkaran adalah luas di dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua jari-jari dan sebuah busur. Pada gambar di atas, area COD yang diberi warna merah merupakan grid berbentuk lingkaran. Ada 3 jenis juri, yaitu:

Ruas adalah suatu luas yang dibatasi oleh tali busur dan busur lingkaran. Pada gambar di atas, luas AB merupakan ruas berwarna biru. Terdapat 3 jenis bagian, yaitu:

Apotema adalah ruas garis yang menghubungkan titik tengah tali busur dengan suatu titik, jika apotema tersebut tegak lurus tali busur tersebut. Pada gambar di atas, ruas garis OE merupakan apotema.

Demikianlah penjelasan mengenai unsur-unsur lingkaran. Masih penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang lingkaran? Cobalah di kelas! Di sana Anda akan menemukan cara belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Banyak sekali video pembelajaran dengan animasi yang bagus beserta rangkuman dan latihan soal yang akan membantu kamu dalam memahami materi lho! Ayo masuk sekarang!

Cara Untuk Menghitung Jari Jari Bola

Artikel ini asli ditulis oleh Tedy Rizkha Heryansyah dan diupdate oleh Kenya Swawikanti pada 1 Februari 2023.

Cara mencari panjang jari jari lingkaran, cara menghitung lingkaran jari tangan, rumus jari jari lingkaran, diameter jari jari lingkaran, jari jari lingkaran 14, rumus panjang jari jari lingkaran, hitung jari jari lingkaran, cara menghitung lingkaran jari, cari jari jari lingkaran, cara ukur lingkaran jari, mencari jari jari lingkaran, cara mengukur lingkaran jari