AdvertorialMadiun

Panic Buying Akibat Virus Korona, Wali Kota Madiun Jamin Stok Bahan Pokok Aman

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Dampak virus korona tidak perlu direspons masyarakat Kota Madiun dengan membeli kebutuhan bahan makanan secara borongan. Pemkot pun mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan bersikap bijaksana. “Masyarakat tidak usah panik. Karena hasil dari pengecekan saya dengan forkopimda, bahwa stok gula di gudang penuh. Lalu, minyak goreng dan beras full,” kata Wali Kota Madiun Maidi di sela kegiatan sidak di PG Rejo Agung Baru, Senin (16/3).

Dia menegaskan, pemerintah menjamin ketersediaan stok atau pasokan barang kebutuhan pokok cukup, baik di pasar rakyat maupun ritel modern. Selain itu, stok bahan kebutuhan pokok di PG Rejo Agung, Bulog dan distributor juga aman. “Masyarakat tidak perlu khawatir kekurangan sembako,” ujar mantan Sekda Kota Madiun tersebut.

Maidi juga menyampaikan, dalam waktu dekat masyarakat akan memasuki bulan Ramadan dan Lebaran. Pada periode ini biasanya terjadi peningkatan permintaan masyarakat, sehingga berpotensi mendorong kenaikan harga.

Apabila terjadi gejolak harga akibat gangguan pasokan, Maidi menyatakan akan menggerakkan BUMN dan pelaku usaha untuk melakukan operasi pasar agar dapat menyeimbangkan pasokan di pasar. “Terkait dengan antisipasi kemungkinan aksi spekulasi atau penimbunan barang kebutuhan pokok, kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang, belanja secukupnya. Tidak perlu panik. Stok kebutuhan bahan pokok tersedia. Yang penting jaga kesehatan dan biasakan pola hidup sehat,” tuturnya.

Beberapa instansi lain juga tak luput disidak oleh wali kota beserta fokopimda. Seperti di kantor BCA cabang Madiun, Maidi memeriksa para pengunjung bank dengan alat thermo gun. Begitu juga ketika dia menyambangi Bank Jatim.

Maidi meminta seluruh pihak tidak terlalu panik menyikapi virus korona. Yang pasti, seluruh pihak harus berkomitmen memerangi Covid-19 bersama-sama. “Saya harap di Kota Madiun tidak ada warga yang terpapar korona,” harapnya. (her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button