Madiun

Pangkostrad Tilik Batalyon Yonif Para Raider 501 Bajra Yudha Madiun

Kedisiplinan Kunci Menangkan Pertempuran

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Menjaga kebersihan lingkungan wujud dari kedisiplinan. Pesan itu disampaikan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Eko Margiyono saat meninjau Batalyon Yonif Para Raider 501 Bajra Yudha Madiun Selasa (6/10).

Dia berpesan, kedisiplinan menjaga kebersihan harus ditingkatkan dan menjadi budaya bagi setiap prajurit. ‘’Tak ada ceritanya prajurit jorok akan menang dalam pertempuran di medan laga. Kalau disiplin artinya siap menang dalam pertempuran di medan laga,’’ kata Eko.

Eko yang menjabat dua bulan terakhir langsung terjun meninjau seluruh titik Mayonif Madiun. Mulai pangkalan satuan, perkantoran, asrama, sarana prasarana latihan, barak kompi, hingga lapangan tembak. ‘’Giat tidak hanya terlihat ketika ada kunjungan pejabat. Kerapian dan kebersihan itu simbol kedisiplinan,’’ ujarnya.

Dengan melihat secara langsung kondisi jajaran Kostrad, ke depan menjadi gambaran dalam mengambil keputusan di lapangan. Baik berkaitan perbaikan, pembangunan, maupun kesejahteraan prajurit. ‘’Dengan melihat sendiri, saya ingin meyakinkan bahwa apa yang saya lihat benar-benar nyata, bukan dibuat-buat,’’ tuturnya.

Eko menegaskan kerapian dan kebersihan menjadi satu ciri khas yang harus melekat di seluruh prajurit. Menurutnya, dua hal itu merupakan representasi dari kedisiplinan seorang prajurit. ‘’Ini yang harus dipertahankan, terus dijadikan budaya. Fokus dan semangat mengemban tugas agar berhasil di medan operasi,’’ ucapnya.

Mantan Panglima Kodam Jaya itu menegaskan kedisiplinan dan kerapian penting di masa pandemi. Mengantisipasi risiko persebaran severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close