Madiun

Pandemi Perkuat Kepedulian Warga Klorogan

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Meski harus jaga jarak, pandemi Covid-19 tidak menghalangi rasa kepedulian terhadap sesama. Itu bisa dibuktikan di Desa Klorogan, Geger. ‘’Kami tekankan kepada semua RT, agar mereka yang isoman (isolasi mandiri) tidak ditinggalkan. Tapi justru dibantu memenuhi kebutuhannya karena tidak bisa ke mana-mana,’’ kata Kades Klorogan Jupriyanto, Kamis (3/3).

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 desa setempat itu mengklaim kerja sama untuk meringankan beban warganya yang isoman lantaran positif Covid-19 berjalan baik. Ketika butuh sesuatu, mereka cukup menghubungi tetangga lewat handphone. ‘’Tetangga yang sehat mencarikan kebutuhan itu dan mengantarnya,’’ ujar Kades.

Pemerintah desa (pemdes) juga tidak tinggal diam. Keluarga yang isoman dibantu paket sembako senilai Rp 300 ribu per keluarga. ‘’Tidak besar, karena kami juga terbatas anggaran. Ini sebagai bentuk kepedulian pemdes,’’ ungkapnya sembari menyebut di desanya tercatat lima kasus konfirmasi selama setahun pandemi.

Tahun ini pemdes mengalokasikan sekitar Rp 60 juta untuk belanja tidak terduga (BTT). Duit itu hasil refocusing delapan persen dari dana desa (DD) desa setempat. Selain bantuan paket sembako, BTT juga untuk penanganan Covid-19 lainnya. ‘’Mudah-mudahan tidak ada tambahan kasus lagi, sehingga sisanya bisa kami maksimalkan untuk membantu warga terdampak korona,’’ ucapnya. (tif/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button