AdvertorialNgawi

Pandemi Jadi Momen Persiapkan Hati Jalankan Ibadah dengan Lebih Khusyuk

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Suasana bulan suci Ramadan tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Itu karena bulan suci Ramadan tahun ini berada dalam situasi pandemi Covid-19. Kondisi tersebut diharapkan tidak mengurangi niat masyarakat, khususnya umat muslim, dalam melaksanakan ibadah. ”Justru diharapkan masyarakat, khususnya umat muslim, lebih bisa mempersiapkan hati serta pikirannya untuk melaksanakan ibadah agar bisa lebih khusyuk,’’ kata Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto ”Antok” Jatmiko Kamis (23/4).

Antok mengungkapkan, pada bulan suci ini masyarakat muslim pasti memiliki keinginan sama. Ingin melaksanakan ibadah maupun tradisi saat Ramadan seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Namun, semua juga harus menyadari kondisi saat ini. Dibarengi dengan masa tanggap darurat Covid-19. ‘’Karena itu, diimbau supaya semua pelaksanaan ibadah selama bulan Ramadan ini bisa disesuaikan dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah,’’ tegasnya.

Misalnya untuk pelaksanaan ibadah salat Tarawih, masyarakat masih diperbolehkan. Dengan catatan, harus menyesuaikan ketentuan dan protokol kesehatan. Begitu juga untuk ibadah lainnya. Sedangkan tradisi atau kebiasaan menggelar buka puasa bersama diimbau untuk tidak dilaksanakan dulu. ‘’Menurut kami, ketentuan atau imbauan yang dibuat pemerintah itu sudah baik dan sudah mempertimbangkan banyak hal, ’’ terangnya.

Antok yakin, pemerintah tidak ada niat untuk melarang atau membatasi umat muslim melaksanakan ibadah. Jika situasinya tidak seperti sekarang, tentu pelaksanaan ibadah maupun tradisi di bulan Ramadan akan berjalan seperti biasa. Karena itu, dia berharap semuanya bisa menyadari bahwa kebijakan yang ditetapkan pemkab itu merupakan pilihan terbaik. ‘’Dan itu (ketentuan atau imbauan, Red) sudah berdasarkan kesepakatan bersama antara MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan Kantor Kemenag (Kementerian Agama),’’ jelasnya.

Antok menambahkan, masyarakat Ngawi juga patut bersyukur. Karena Bumi Orek-Orek masih zero kasus positif Covid-19. Tentu hal itu hasil kerja keras semua pihak. Termasuk masyarakat yang sudah melakukan pencegahan penyebaran virus Covid-19. Menurut Antok, hal itu harus dipertahankan dengan cara tetap mematuhi semua imbauan pemerintah. DPRD Ngawi juga akan terus berupaya bersama masyarakat untuk berjuang melawan pandemi Covid-19 di Ngawi. ‘’Kami segenap pimpinan dan anggota serta jajaran sekretariat DPRD Ngawi mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1441 Hijriah,’’ ucapnya. (tif/c1/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close