Pacitan

Pancer Door Susah Bersih dari Sampah

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Pantai Pancer Door nyaris tidak pernah bebas dari sampah. Berulang kali dibersihkan, teluk Pacitan sisi timur itu kembali kotor. Mulai kayu, barang bekas stirofoam, hingga plastik. ‘’Ini masalah yang sering kita hadapi. Karena itu, kita gelar kerja bakti rutin,’’ kata Bupati Pacitan Indartato Jumat (26/2).

Pak In, sapaan Indartato, menuturkan, sejatinya mayoritas sampah bukan dari laut. Melainkan dari Sungai Grindulu yang bermuara di pantai Desa Ploso itu. Tak jarang banjir dari sungai terbesar di Pacitan itu membawa material sampah, baik organik maupun limbah manusia. ‘’Beberapa waktu lalu banjir juga membawa banyak sampah,’’ ujarnya.

Menurut Pak In, tak gampang membersihkan objek wisata pelat merah itu. Hamparan pasir pantai yang membentang sekitar tujuh kilometer butuh banyak tenaga. Karena itu, ratusan aparatur sipil negara (ASN) hingga TNI-Polri dikerahkan kerja bakti. Pun, satu unit ekskavator diterjunkan. ‘’Kalau tidak ramai-ramai tentu tidak akan mampu,’’ tuturnya. (gen/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button