PeristiwaPonorogo

Pancaroba, 90 Rumah Warga Rusak

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Puluhan rumah terdampak pancaroba. Sepanjang November 2019 sampai sekarang, BPBD mencatat ada sekitar 90 rumah di Ponorogo rusak ringan dan sedang karena diterpa angin kencang saat hujan deras turun.

Jumlah itu sudah termasuk kejadian di Jenangan dan Siman, Selasa lalu (3/12). Tercatat empat warung roboh serta dua rumah tertimpa pohon dan tiang listrik. ‘’Kekuatan anginnya mencapai 63 kilometer per jam dengan durasi sekitar 10 menit,’’ kata Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Ponorogo Setyo Budiono Rabu (4/12).

Berdasarkan prediksi BMKG, angin kencang berpotensi terjadi sampai akhir 2019. Sedangkan, puncak musim hujan masuk pada Januari–Februari 2020. ‘’Jadi, memang ini masih memasuki musim pancaroba, diwaspadai untuk cuaca ekstrem,’’ ujar mantan kasubag humas dan protokol itu.

Budi menyebut, salah satu wilayah yang rawan terdampak angin kencang adalah Dukuh Sewelut, Desa Plalangan, Jenangan. Kondisi geografis desa itu berada di lereng bukit. Sehingga, rawan diterpa angin dari segala penjuru. ‘’Yang penting masyarakat waspada akan cuaca ekstrem,’’ pesannya.

Untuk mempermudah penanganan pascabencana berikut langkah mitigasi, pihak BPBD sudah berkoordinasi dengan Radio Amatir Penduduk Indonesia (RAPI) dan Organisasi Amatir Radio Republik Indonesia (Orari). Dengan bantuan mereka, diharapkan penyebarluasan informasi mengenai bencana cepat dilakukan. (dil/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button