Advertorial

Pamsimas Solusi Efektif Penuhi Kebutuhan Air Bersih

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Pemkab Ngawi menaruh perhatian serius terhadap penyediaan air bersih dan sanitasi bagi warganya. Melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang telah berjalan sejak 2014. ‘’Program ini menyasar desa-desa yang kesulitan mengakses air bersih,’’ kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Ngawi Purwono Broto Wasisto, Selasa (17/8).

Program Pamsimas yang diselenggarakan disperkim tahun ini menyasar 23 desa. Purwono menargetkan sistem penyediaan air minum (SPAM) yang dibangun melalui program Pamsimas di 23 desa tersebut klir September mendatang. ‘’Seterusnya akan dilanjutkan dengan uji teknis dan pengembangan,’’ terangnya.

Pamsimas, lanjut Purwono, merupakan program sharing pemerintah pusat, kabupaten, dan desa. Anggaran yang digunakan bersumber dari APBN, APBD, dan DD.

Tahapan yang dilalui sebelum mengeksekusi pembangunan SPAM di desa-desa cukup panjang. Disperkim perlu mengidentifikasi lokasi yang tepat untuk dibangun SPAM. Setidaknya terdapat dua pertimbangan utama. Yakni, tingkat kelangkaan air dan kualitas air dari sumber. ‘’Apakah memenuhi baku mutu atau tidak. Jadi, ada skor penilaian, tidak tiba-tiba,’’ paparnya.

Purwono memastikan program-program disperkim ke depan tetap berfokus pada pemenuhan air bersih warga. Semua aspek akan dimonitor. Apakah perlu pembangunan SPAM baru atau pengembangan di titik-titik yang sudah ada. Disperkim juga akan meningkatkan sambungan rumah-rumah. ‘’Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk warga Ngawi. Agar semua wilayah dapat mengakses air bersih,’’ ucapnya. (ti7/c1/naz/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button