Madiun

Pamerkan Meriam Caesar, Panser Anoa, dan Turangga

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Tiga jenis kendaraan militer terparkir di halaman Bosbow sejak Sabtu (5/10). Ada Meriam 155 mm/GS Caesar, Panser Anoa 2 jenis APC, dan Turangga 4×4. Serta berbagai jenis senjata rain metal dan operasional lainnya.

Semua alat utama sistem persenjataan (alutsista) tersebut dipamerkan dalam rangkaian HUT ke-74 TNI. Begitu pameran dibuka, para pengunjung terus berdatangan. Hingga kemarin siang (6/10), arus pengunjung tak berkurang. Terus mengerumuni kendaraan taktis (rantis) tersebut. Para pengunjung juga bergantian berfoto dengan background Panser Anoa 2 maupun Meriam 155 mm/GS Caesar.

Bukan hanya pameran, para personel TNI yang bertugas menjaga setiap rantis menjelaskan spesifikasi serta kelebihan perangkat perang buatan Eropa dan dalam negeri tersebut kepada pengunjung. Misalnya, Meriam 155 mm/GS Caesar. Alutsista buatan Prancis itu dilengkapi rudal untuk membidik sasaran dari darat dengan jarak tembak 39 kilometer.

Adi Santoso, salah seorang pengunjung, menikmati pameran alutsista itu bersama istri dan dua anaknya yang masih balita. Awalnya, dia tidak mengetahui adanya pameran tersebut. Saat berjalan-jalan, mereka mengetahui adanya pameran alutsista di Bosbow dan akhirnya mampir untuk melihat. Dia pun tak henti memotret istri dan anaknya yang berpose dengan latar belakang Panser Anoa 2 dan Meriam 155 mm/GS Caesar. ’’Sangat berkesan. Masyarakat jadi tahu lebih dekat tentang persenjataan militer dan spesifikasinya,’’ kata pria yang bekerja di rumah sakit swasta di Kota Madiun itu.

Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Masduki menuturkan, pameran alutsista merupakan bagian dari memperkuat kemanunggalan TNI. Sekaligus bertujuan mendekatkan TNI dengan masyarakat. ’’Banyak alutsista yang perlu diketahui masyarakat. Semoga bisa menambah wawasan,’’ harapnya. (her/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button