Pacitan

Pacitan Zona Merah

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Tren zona sebaran Covid-19 yang terjaga sedang (oranye) berubah menjadi tinggi (merah) Rabu (21/7). Setelah cukup lama kabupaten ini berhasil menjaga zonasi tak terjerembap ke risiko tinggi.

Plt Kadinkes Pacitan Hendra Purwaka mengatakan, pecah telur zonasi itu telah diprediksi. Menimbang jumlah pasien terpapar hingga meninggal dunia tak kunjung turun hingga pekan ketiga Juli ini. ‘’Tapi kami tak mengira secepat ini pergeserannya. Karena sehari sebelumnya eskalasi korona masih wajar,’’ ujarnya.

Beragam persiapan lanjutan terus dimatangkan menghadapi pergeseran zona risiko Covid-19 ini. Salah satunya meningkatkan tracing guna memutus rantai penularan. Sekaligus menyiapkan tambahan tempat perawatan. Baik di RSUD dr Darsono, wisma atlet, maupun puskesmas. ‘’Puskesmas sudah kita panggil dan beri pengarahan,’’ tegasnya.

Perlakuan zona merah dengan oranye berbeda. Sektor perekonomian lebih diperketat lagi. ‘’Sebenarnya yang bisa menghentikan korona ini kita sendiri. Dimulai dengan menjaga protokol kesehatan dan tidak kluyuran kalau tidak penting,’’ imbaunya. (gen/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button