Pacitan

Pacitan Speleology Society Inisiasi Pengibaran Bendera Raksasa di Gua Vertikal

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Rasa haru dan bangga membuncah di dada peserta upacara Hari Kemerdekaan Indonesia, Selasa (17/8). Bukan di alun-alun, pendapa, apalagi Istana Merdeka. Himpunan mahasiswa pencinta alam (mapala) dan barisan Pramuka bersama aparatur desa setempat memperingatinya di Luweng Musuk.
Bendera raksasa 10×6 meter gagah berkibar di gua vertikal yang berlokasi di Dusun Gebang, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan, tersebut. Pun, pengibarannya tak selazimnya diikat dan dikerek ke atas tiang. Melainkan diturunkan menggunakan tali ke tubir jurang sedalam 70 meter.

Pengibaran bendera yang dilangsungkan tepat waktu khidmat pukul 10.17 itu berlangsung cepat. Menandakan sigapnya empat pengibar dari regu panjat tebing profesional menunaikan tugas kehormatan itu. Disaksikan penuh khidmat oleh seluruh peserta yang berdiri di antara dua garis jurang.

Barisan mapala berdiri di timur dan barisan Pramuka beserta Kades Bomo Suratmi berdiri di sisi barat. Seluruhnya berdiri tegap menghormati detik-detik pengibaran Merah Putih. ‘’Banyak yang antusias mengikuti upacara kali ini. Seperti beberapa komunitas mapala dari UGM Jogja dan UMS Solo. Total 20 petugas dan 4 pengibar bendera,’’ kata Bambang Sumarno, penasihat Pacitan Speleology Society (PSS).

Menjajaki terjalnya luweng selebar 40 meter, petugas dilengkapi beragam peranti keselamatan. Mulai bambu tempat bendera hingga tali rappelling. Sepekan penuh, PSS memantapkan perencanaan dan pelatihan guna mengatur manajemen risiko dan memastikan keselamatan petugas. ‘’Ada tiga pilihan spot. Pertama di Musuk ini; kedua di Luweng Ombong, Desa Kalak, Donorojo; ketiga di Luweng Dawung, Desa Sekar, Donorojo,’’ urainya.

Bambang berharap prosesi penurunan bendera hari ini (18/8) juga lancar tanpa kendala. Prosesinya pun bakal menerapkan teknik serupa. Beberapa petugas bakal terjun ke luweng menggunakan tali. ‘’Sebelumnya kami menghelat upacara di Sentono Gentong,’’ ujarnya. (gen/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button