Pacitan

Pacitan Micro Lockdown, Terapkan Karantina Lingkungan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Tinggi penularan korona tak menjadikan Pacitan terjerembap dalam zona pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro darurat. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah ini tergolong asesmen tingkat 3. Artinya, sebagian besar kegiatan masih bisa dilakukan dengan pengawasan gugus tugas Covid-19 setempat.

Wakil II Satgas Penanganan Covid-19 AKBP Wiwit Ari Wibisono mengatakan, Pacitan masuk zona tiga bersama 74 kabupaten lain di Jawa–Bali. Mengantisipasi lonjakan Covid-19, pihaknya bakal memperketat beberapa kegiatan. Operasi yustisi digencarkan. ‘’Donorojo sasaran utama kita, karena berbatasan langsung dengan Wonogiri,’’ ujarnya, Jumat (2/7).

Wiwit mengakui penanganan korona di perbatasan Pacitan tergolong sulit. Terlebih warga biasa keluar masuk antardua kabupaten itu. Seakan tanpa sekat. Mengingat jarak antardaerah itu lebih dekat ketimbang datang langsung ke Pacitan kota. ‘’Borderless (tanpa batas) memang. Warga mudah saja keluar masuk. Jadi, seakan tidak ada perbatasannya. Bahkan beberapa gambar imbauan saya ada yang loncat wilayah perbatasan,’’ bebernya.

Selain yustisi, penyekatan lingkungan kembali diwacanakan. Seperti mengarantina gang maupun RT yang kedapatan muncul penularan. Micro lockdown ini diharapkan dapat membatasi pergerakan dan penularan virus korona. Sembari melakukan penyemprotan disinfektan dan isolasi mandiri. ‘’Kita tidak ingin status asesmen tiga ini naik menjadi empat. Bahaya itu,’’ ungkapnya. (gen/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button