Pacitan

Pacitan Krisis ASN

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Tahun ke tahun, jumlah aparatur sipil negara (ASN) tergerus. Kini, tersisa 6.680 ASN di Pacitan. Padahal, setiap tahunnya kisaran 300-400 purnatugas. Jika tak diantisipasi, kampung halaman SBY semakin kehabisan pengabdi.

Plt Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian BKPPD Pacitan Sugeng Budiarto mengungkapkan, tenaga pendidik menjadi salah satu penyumbang terbesar angka pensiun di kabupaten ini. Diperkirakan terimbas seleksi serempak dua-tiga dasawarsa silam. ‘’Apalagi sudah lima tahun terakhir ini tidak ada rekrutmen. Jadi, banyak yang kosong,’’ katanya, Senin (16/8).

Sugeng menerangkan, rekrutmen honorer dan kontrak sejauh ini tak mampu menuntaskan problem krisis kepegawaian di Pacitan. Tenaga non-ASN itu tak mampu mengisi kekosongan struktur organisasi (SO) lembaga masing-masing. Alhasil, tak sedikit pegawai yang terpaksa rangkap jabatan. ‘’Posisi Kabid hingga kepala dinas pun banyak yang kosong,’’ ungkapnya.

Diberinya jatah formasi di tahun ini sedikit memberi angin segar. Terdapat 267 CPNS dan 1.041 CPPPK yang dibuka di Pacitan. Diharapkan seluruh formasi itu terisi sehingga dapat menambal minus pegawai di kabupaten ini. ‘’Untuk menutup kebutuhan pegawai, kita terus usulkan ke pusat,’’ ujarnya. (gen/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button