Pacitan

Pacitan Diguncang Gempa Dua Kali dalam 15 Menit

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Warga dikejutkan gempa bumi di siang bolong Rabu (29/9). Getaran alam berkekuatan 4,2 skala Richter (SR) sekitar pukul 12.58 itu terasa di beberapa lokasi.

Gempa kali ini bersumber dari 77 kilometer barat daya Bantul, Jogjakarta. Meski bermagnitudo besar, namun pusat gempanya berada di tengah samudra dengan kedalaman sekitar 40 kilometer. Gempa berskala 2,9 SR juga sempat terjadi 15 menit lebih awal. Terjadi sekitar pukul 12.41 dengan pusat gempa di barat daya Pacitan dengan kedalaman 89 kilometer. Meski hanya berjarak 23 kilometer dari pusat kota, gempa kali pertama itu tak dirasakan. ‘’Getarannya terasa sesaat. Tidak ada kerusakan,’’ kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan Dianita Agustinawati.

Dianita mengimbau warga tetap waspada namun tidak perlu takut berlebihan. Meskipun BMKG belum lama ini merilis kajian potensi bencana alam. ‘’Jangan panik, apalagi takut. Waspada boleh, tapi jangan sampai parno. Sikapi ini dengan bijaksana,’’ tegasnya. (gen/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button