Orang Belanda Yang Tidak Simpati Terhadap Penderitaan Bangsa Indonesia Adalah – Pengumuman pemeliharaan server penting dijadwalkan pada (GMT) Minggu, 26 Juni, pukul 02.00 – 08.00. Situs akan rusak selama waktu yang ditentukan!
Pihak Jepang dan pihak Indonesia. Namun agar tidak dimanfaatkan untuk perjuangan rakyat Indonesia, Cuo Sangi In diawasi ketat oleh pemerintah Jepang. Dilihat dari perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia, kehadiran Cuo Sangi In tidak ada artinya. Namun keberadaan lembaga ini bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman terhadap pengalaman nasionalisme Indonesia. Majelis Islam A’laa Indonesia (MIAI) MIAI merupakan organisasi yang didirikan pada masa penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1937 di Surabaya. Pendirinya adalah K.H. Mas Mansyur dan kawan-kawan. Organisasi ini diperbolehkan eksis pada masa pendudukan Jepang karena merupakan gerakan anti-Barat dan hanya bergerak di bidang amal (seperti Baitulmal) dan menyelenggarakan hari raya Islam secara eksklusif. Namun pengaruhnya yang besar membuat Jepang merasa perlu membatasi ruang gerak MIAI. Pada awal pendudukan, Jepang membentuk Kementerian Pendidikan dan Agama di bawah pimpinan Kolonel Horie. Ia bertemu dengan beberapa tokoh agama di Surabaya. Dalam pertemuan tersebut, Horie meminta umat Islam untuk tidak ikut serta dalam kegiatan politik. Permintaan ini disetujui oleh peserta rapat, yang kemudian mengeluarkan pernyataan sikap di akhir rapat. Pada akhir bulan Desember 1942, hasil pertemuan di Surabaya ditingkatkan dengan mengundang 32 kiai dari seluruh Jawa Timur untuk bertemu dengan Letjen Imamura. dan Gunseikan, Mayor Jenderal Okasaki. Dalam pertemuan tersebut, Gunseikan menyatakan Jepang akan terus menghormati Islam dan memasukkan kelompok Islam ke dalam pemerintahan. Tender pemerintah militer Jepang memilih MIAI sebagai satu-satunya forum organisasi bersama, menyusul sikapnya terhadap kelompok Islam selama beberapa waktu. Namun lembaga pembangunan MIAI, Jepang, menyimpulkan bulan ini baru diakui Jepang setelah kiai tidak membahayakan pendudukan Jepang dengan mengubah undang-undang dasar khususnya untuk Indonesia. Oleh karena itu, Jepang memperbolehkan penetapan kebijakannya sendiri mengenai prinsip dan tujuan. Dua organisasi Islam besar lainnya, yaitu Nahdhatul, ditambahkan ke dalam asas dan tujuan MIAI – Ulama dan Muhammadiyah. Kedua organisasi ini didirikan dalam arti: “…bekerja bersama pada bulan September 1943 dalam kegiatan yang berorientasi spiritual dan sosial. Bekerja sekuat tenaga dalam upaya membangun masyarakat baru untuk mencapai kemakmuran bersama di Asia Raya di antara para pemimpin Dai Jepang.” Islam, MIAI mendapat simpati yang sangat besar dari umat Islam dan hal inilah yang membuat organisasi ini berkembang lebih jauh. Melihat perkembangan tersebut, Jepang mulai curiga. Jumlah MIAI di beberapa daerah mulai terkendali. Untuk memastikan pergerakan para pemuka agama Islam tidak mengarah pada kegiatan yang membahayakan Jepang, maka diadakan pelatihan bagi Kelas XI SMA/MA Kakrawala Sejarah (Bahasa).
Orang Belanda Yang Tidak Simpati Terhadap Penderitaan Bangsa Indonesia Adalah
Kiai yang mengikuti pelatihan tersebut dipilih berdasarkan syarat mempunyai pengaruh besar di lingkungan dan mempunyai akhlak yang baik. Pelatihan berlangsung selama sebulan di Pusat Agama Jakarta. Namun keterbatasan kegiatan MIAI dirasa kurang memuaskan bagi Jepang sendiri. Pada bulan Oktober 1943, MIAI resmi dibubarkan dan digantikan oleh organisasi baru, Majelis Syuro Muslim Indonesia (Masyumi). Organisasi ini disahkan oleh Gunseikan pada tanggal 22 November 1943. Susunan kepengurusan Masyumi adalah Ketua Pengurus Besar K.H. Hasyim Asy’ari, wakil dari Muhammadiyah adalah K.H. Mas Mansur, K.H. Farid Ma’ruf, K.H. Mukti, K.H. Hasyim dan Kartosudarmo. Perwakilan NU adalah K.H. Nachrowi, Zainul Arifin dan K.H. Muktar. Diskusikan dengan kelompokmu apakah bangsa Indonesia mampu melawan penjajahan dan tulislah dalam bentuk laporan hasil diskusi tersebut! Ringkasan 1. Lahirnya gerakan nasional Asia, khususnya Indonesia, tidak lepas dari pengaruh liberalisme, sosialisme, demokrasi, dan pan-Islamisme. 2. Kesadaran nasional di kawasan Asia muncul sekitar abad ke-20, misalnya gerakan nasional India yang dipimpin oleh Mahatma Gandhi, gerakan nasional Tiongkok yang dipimpin oleh Sun Yat Sen, dan gerakan nasional Turki yang dipimpin oleh Kemal Pasha. 3. Pergerakan nasional Indonesia ditandai dengan berdirinya Budi Utomo pada tahun 1908 yang kemudian disusul oleh organisasi-organisasi lain, misalnya Sarekat Islam (1912), Partai India (1912), Muhammadiyah (1912), Trikoro Dharmo (1915), Pemuda Indonesia (1927), Indonesia Muda (1930), PKI (1914), Taman Siswa (1922), PNI (1927) dan Persatuan Indonesia (1922).
Catatan Sejarah Penjajahan Jepang Di Trenggalek Tahun 1942 1945
Evaluasi Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas! 1. Apa isi GAPI? 2. Apa yang melatarbelakangi bangkitnya gerakan nasional? 3. Sebutkan organisasi politik moderat dan radikal! 4. Berikan tiga alasan bangkitnya nasionalisme Asia! 5. Apa saja yang mempengaruhi bangkitnya nasionalisme? Refleksi Apakah anda memahami materi pergerakan nasional? Jika belum menguasainya, bacalah buku referensi lain lalu buat ringkasannya sebagai bahan pelengkap! 146 Kakrawala Sejarah SMA/MA Kelas XI (Bahasa Sunda)
Tes Latihan Harian IIA. Cakra (x) huruf a, b, c, d atau e untuk jawaban yang benar! 1. Salah satu upaya pertama Belanda di Indonesia untuk mendapatkan uang adalah… .a. memungut pajak d. ada EICb. pajak dikenakan pada setiap orang e. melakukan penanaman paksa c. kehadiran VOC2. Peraturan pertanian yang dipaksakan tidak merugikan masyarakat karena …a. Masyarakat mendapatkan hasil tanam paksa. menanam tanaman yang disukai masyarakat c. tumbuhan yang beriklim tropis. juga menanam sayuran untuk masyarakat. jangan memaksa orang3. Peraturan pertanian paksa seharusnya benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat karena…a. orang tidak diperkenalkan dengan tanaman baru. masyarakat tidak menanggung resiko kehancuranc. rakyat tidak menanggung beban pajak yang berat. pendapatan masyarakat meningkat. semua jawaban benar4. Dalam praktiknya, masyarakat harus menghadapi kerja paksa karena… aturan tanam paksa telah terdistorsi b. Belanda tidak menanggung biayanya. orang harus bekerja keras. masyarakat terbebani dengan pajak yang besar. semua jawaban benar5. Ide-ide kaum liberal Belanda pada akhirnya diwujudkan dengan penghapusan kerja paksa, dibuktikan dengan…a. keberadaan Konstitusi b. keberadaan hukum Gulac. menghapus kewajiban menanam kopid. Ada undang-undang anti perbudakan. semua jawaban benar6. Angka-angka berikut ini bukan merupakan angka-angka anti tanam paksa: Multatuli d. Orang Prancis Van De Puteb. Douwes Dekker e. Tes Latihan Youngc Baron Van Hoevell Harian II 147
7. Untuk membalas rasa syukur bangsa Indonesia, memberantas perbudakan d. memberikan bantuan keuanganb. politik etis e. bebas pajakc. pengangkatan pegawai 8. Konsep politik retaliasi disampaikan oleh ….a. Van den Bosch d. Van de Groot lahir Van Deventer e. Dari Gua. Van Zoeten9. Pada hakikatnya tujuan politik etis di bidang migrasi adalah… mengurangi jumlah penduduk Jawaban. merangsang perkembangan populasi. untuk meratakan kepadatan penduduk. meningkatkan kesejahteraan masyarakat. bekerja di perkebunan Belanda10. Pada awal abad ke 19 perjuangan indonesia menggunakan kendaraan…a. internet d. surat kabar televisi e. DVDc. pengabdian 11. Nasionalisme pertama kali dikenal pada ….a. Eropa D. Australiab. Asia e. Afrika c. Samudera Pasifik 12. Sinar Sumatra adalah surat kabar di ….a. Bahasa Jawa Kuno d. Melayu Belanda e. bahasa Inggris c. Jawa 13. Surat kabar pada masa penjajahan Belanda dapat berupa ….a. mengambil banyak uang b. membawa teman c. memuji penulisnya. menjadi instrumen kolonialisme. menjadi pendidik politik dan sastra14. Douwes Dekker adalah orang Belanda yang menulis buku tersebut….a. Penghargaan kehormatan d. Max Havelaarb. Hutang syukur e. Pintu ke Cahayac. Waler Budi148 Kakrawala Sejarah Sekolah Menengah/Ma Kelas XI (Bahasa)
15. Majalah De Gids memuat artikel oleh ….a. R.A. Kartini d. Dari Deventer. R.A. diberkati e. Douwes Dekkerc. Pak Susanin16. Van Deventer menulis Een Eeresschuld yang artinya ….a. saya menderita d. rasa bersalah saya sangat e. jawab Budic. penderitaan 17. Trilogi Van Deventer meliputi: pendidikan d. terminologi b. sosialisasi e. geologis. sosiologi 18. Buku Raffles di Indonesia adalah… .a. Geologi D. Sejarah Jawaban. Biologi e. Orang Aceh. Botani 19. Kebun Raya Bogor merupakan pionir di era ….a. Daendels d. Mikhael b. Lotere e. Douermanc. Paulus II 20. Pada zaman Jepang, surat kabar beredar di ….a. Jawa d. Jawa Kuna Belanda e. Jepang c. Bahasa Inggris21. Jepang mengubah nama kota Meester Cornelis menjadi ….a. Jakartad. Jayapurab. Yogyakarta e. Bogorc. Jatinegara22. Politik etis berhasil mempengaruhi lahirnya pendidikan di Indonesia melalui…a. program transmigrasi d. asimilasib. pendidikan e. akulturasi c. irigasi 23. Organisasi modern muncul di Indonesia sejak… a.lahirnya Sumpah Pemuda d. ada permintaanb. lahirnya BU e. adanya penanaman paksa. lahirnya Ulangan Latihan Harian GAPI II 149
Click Here For 24 Hours Debate
24. Pada masa penjajahan Jepang di Indonesia, masyarakat Indonesia terbagi menjadi beberapa kelompok….a. KTP. IVb. II e. Vc. III25. Kebangkitan nasionalisme Indonesia ditandai dengan ….a. adanya politik etis d. pendirian SDIb. pendirian BU e. pendirian IPc. pembentukan SI26. BU merupakan organisasi sosial dan budaya yang dibuktikan dengan ….a. bergabung dengan gerakan anti Belanda d. berpartisipasi dalam Volkraadb. banyak partai telah didirikan mis. non-kooperatif c. memberikan beasiswa27. Ikatan Islam yang lahir pada tahun 1912 mengelolanya dalam bidang ….a. agama d. politikb. budaya e. ekonomi dan agama. sosial28. Tujuan didirikannya Persatuan Islam adalah….a. mengembangkan semangat perdagangan b. membantu anggota yang sedang kesulitan dalam dunia bisnis. memajukan ajaran agama. menolak pengaruh masa lalu. hidup menurut agama 29.Organisasi gerakan politik nasional yang pertama di Indonesia adalah… a.Penembakan. Saudara laki-laki. PBI e. IPc. Parindra30. Untuk mencapai tujuan tersebut, ada beberapa hal yang dilakukan IP, antara lain…a. mengarah pada cita-cita persatuan India. memberantas arogansi sosialc. meningkatnya pengaruh pro-Hindi. memperbaiki keadaan perekonomian negara. semua jawaban benar 150 Sekolah Menengah Sejarah Kakrawala/Ma Kelas XI (Bahasa)
31. Hakikat tujuan didirikannya Muhammadiyah adalah…. membantu orang miskinb. mendirikan rumah sakit. mengoreksi pendapat yang salah tentang ajaran Islam. untuk mengembangkan semangat perdagangan. semuanya benar 32.Organisasi pemuda yang aktif di bidang politik adalah… a.Trikoro Dharma d. Mudab Indonesia. Pemuda Indonesia e. PPPIK. Asosiasi Pemuda Islam33. Berikut ini adalah keputusan lain Kongres Pemuda Kedua pada tahun 1928: Janji Pemuda b. mengakui Merah Putih sebagai bendera nasional. Lagu Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan. Negara Indonesia diakui sebagai negara kesatuan. diakui oleh semua organisasi kepemudaan yaitu Indonesia Muda34. Organisasi Taman Siswa didirikan pada tahun 1922, pendirinya adalah ….a. Dr.Soetomob. Gunawan Mangunkusumoc. Douwes Dekkerd. Pastor Sartonoe. Ki Hadjar Dewantara 35. Berikut ini yang tidak termasuk dalam Pancadarma Taman Siswa
Keinginan bangsa indonesia terhadap nkri, cara jepang menarik simpati bangsa indonesia, perlawanan bangsa indonesia terhadap, perlawanan bangsa indonesia terhadap bangsa eropa, bagaimana cara jepang menarik simpati bangsa indonesia, penderitaan rakyat indonesia pada masa penjajahan belanda, perlawanan indonesia terhadap belanda, penjajahan belanda terhadap indonesia, tujuan belanda melakukan blokade ekonomi terhadap indonesia, bangsa indonesia dijajah belanda selama, perjalanan bangsa belanda ke indonesia, perlawanan bangsa indonesia terhadap belanda