Ngawi

Optimistis Tidak Muncul Klaster Baru

Tepis Kekhawatiran Ledakan Kasus Covid-19 di Pilkada

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ngawi optimistis pelaksanaan pilkada serentak di Bumi Orek-Orek kelak berjalan lancar kendati kasus positif Covid-19 terus bertambah. ‘’Kami yakin tidak akan muncul klaster baru jika pilkada tetap digelar,’’ kata Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ngawi Budi ’’Kanang’’ Sulistyono Senin (21/9).

Kanang tidak membantah bahwa saat ini muncul banyak desakan dari berbagai pihak agar pelaksanaan pilkada serentak 2020 ditunda agar tidak muncul klaster baru penularan virus korona. Baik organisasi masyarakat (ormas) maupun lembaga lain yang intens terhadap penyelenggaraan pemilu.

Namun, Kanang optimistis kekhawatiran itu tidak akan menjadi kenyataan jika protokol kesehatan (prokes) benar-benar diterapkan. Mulai penggunaan masker, cuci tangan dengan sabun, hingga menghindari kerumunan. ‘’Untuk pilkada kan sudah disiapkan sedemikian rupa, mulai APD (alat pelindung diri, Red), peralatan untuk mencoblos, pengaturan TPS, dan sebagainya,’’ paparnya.

Di sisi lain, pihaknya mendukung upaya KPU RI mengajukan Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) Pilkada. Terutama yang mengatur sanksi pidana maupun administratif bagi siapa saja yang melanggar prokes selama tahapan pilkada. ‘’Sanksi denda juga bisa diterapkan pada tahapan pilkada, termasuk saat pelaksanaan kampanye nanti,’’ ungkapnya.

Terpisah, Ketua KPU Ngawi Prima Aequina Sulistyanti enggan berkomentar banyak soal desakan penundaan tahapan pilkada. Meski hal itu sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2020, dia memilih tutup mulut sebelum ada kejelasan informasi dari KPU RI. ‘’Saya no comment dan tidak ingin berandai-andai. Yang pasti, KPU akan melaksanakan apa yang menjadi keputusan pusat,’’ ujarnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close