AdvertorialMadiun

Opini WTP Jadi Motivasi untuk Lebih Maju

SURABAYA, Jawa Pos Radar Madiun – Laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Kota Madiun pada tahun anggaran 2018 dinilai akuntabel oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Hasilnya, Pemkot Madiun diganjar predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan atas hasil tersebut.

Penghargaan itu diberikan oleh Wamenkeu Mardiasmo kepada Wali Kota Madiun Maidi dengan disaksikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Surabaya pada Rabu lalu (2/10).

Maidi berharap opini WTP bisa menjadi pemacu semangat para ASN untuk meningkatkan kualitas kerja dalam penyelenggaraan pemerintahan. Tentunya hal itu harus sejalan dengan prinsip kehati-hatian organisasi perangkat daerah (OPD) dalam mengelola keuangan. ‘’Justru karena WTP ini kita hati-hati. Harus dipertahankan dan disempurnakan,’’ katanya.

Yang jelas, dia tidak ingin capaian opini WTP itu lantas membuat para ASN terlena. Sehingga, membuat pengelolaan keuangan daerah menjadi tidak akuntabel. ‘’Justru kita ketati. Jadi, WTP ini ada beberapa indikator yang diharapkan jangan sampai lemah,’’ ujar Maidi.

WTP menjadi penting bagi pemkot karena alokasi keuangan akan ditambah pada 2020. Karena itu, pihaknya komitmen untuk meningkatkan semua indikator yang menjadi penilaian WTP. Selain itu, menindaklanjuti sejumlah temuan BPK agar ke depan dapat menjadi acuan untuk lebih sempurna. ‘’Dengan begitu, raihan WTP dapat dipertahankan,’’ imbuh mantan sekda Kota Madiun itu.

Maidi menegaskan, dalam pengelolaan anggaran harus sesuai aturan. Terutama yang berkaitan dengan pihak ketiga. Bahkan, pejabat setingkat kepala seksi (kasi), kepala bidang (kabid), hingga kepala OPD terancam akan dijatuhi sanksi tegas jika terbukti menjadi penyebab tidak diraihnya WTP tahun depan. ‘’Kalau kita nggak dapat (WTP) kan malu to, wong hampir seluruh kabupaten/kota di Jatim ini meraih WTP,’’ ucapnya. (her/c1/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button