Ngawi

Operasi Yustisi Tujuh Hari tanpa Henti di Ngawi

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Intensitas operasi untuk menekan persebaran Covid-19 di Ngawi meningkat. Menyusul tingginya penambahan kasus positif virus korona sepekan terakhir. Petugas gabungan mengecek kedisiplinan protokol kesehatan (prokes) masyarakat di tempat publik setiap hari. ‘’Sebelum ada peningkatan kasus, minimal empat hari dalam sepekan,’’ kata Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, Senin (21/6).

Operasi yustisi digelar di pasar rakyat dan tempat keramaian lainnya di wilayah perkotaan. Titiknya berpindah-pindah. Bagi yang melanggar diberi sanksi sosial. Berupa membersihkan lingkungan tempat operasi itu digelar. Petugas juga membagikan masker bagi yang tidak mengenakannya. ‘’Kalau dulu ada sanksi denda. Sekarang pelanggar disuruh menyapu sebagai efek jera,’’ ujarnya.

Bupati menginstruksikan operasi yustisi serupa ke Satgas Covid-19 tingkat kecamatan dan desa. Titiknya menyeluruh hingga wilayah pinggiran. ‘’Kalau di desa pelaksananya oleh perangkat dibantu bhabinkamtibmas dan babinsa,’’ terangnya.

Ony menyebut, operasi digelar secara persuasif. Cara yang manusiawi dianggap efektif untuk mengingatkan prokes ke masyarakat. ‘’Operasi yustisi terus dilakukan hingga waktu yang belum ditentukan,’’ ucapnya. (mg5/c1/cor/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button