Madiun

Operasi Patuh Semeru Minimalkan Kerumunan, Kedepankan Pencegahan

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Operasi Patuh Semeru (OPS) 2021 resmi digelar mulai Senin (20/9) hingga 3 Oktober mendatang. Berbeda dengan biasanya, fokus polisi dalam operasi kali ini bukan pada pelanggaran lalu lintas. Melainkan lebih ke penegakan protokol kesehatan (prokes).

Sejumlah titik rawan terjadi kerumunan warga bakal dipelototi. Sanksi atau penindakan tegas dikesampingkan. Kali ini petugas lebih mengedepankan imbauan. ‘’Sasarannya nanti pasar dan titik keramaian lain, termasuk tempat wisata,’’ kata Kasatlantas Polres Madiun AKP Firman Widyaputra, Selasa (21/9).

Selama OPS 2021 berlangsung, petugas bakal memelototi berbagai aktivitas warga. Terutama yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Pun, pos penjagaan akan didirikan guna memaksimalkan pengawasan. ‘’Contohnya di pasar Mlilir, Dolopo, dan Pagotan. Pos-pos itu nanti tidak akan dijaga petugas secara full. Hanya di jam-jam tertentu, menyesuaikan operasional pasar,’’ paparnya.

Firman menjelaskan, dalam OPS kali ini pihaknya menerjunkan 120 personel satlantas. Mereka di-back up sejumlah petugas TNI dan beberapa instansi pemkab. ‘’Pelanggar prokes akan dilimpahkan ke satpol PP untuk ditindaklanjuti, disidang, dan disanksi,’’ ungkapnya. (den/c1/isd/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button