NgawiPolitik

Ony Sebut Apatisme Pemilih Milenial Dapat Diubah

Lumbung Suara Menjanjikan

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Merebut hati kaum milenial diakui calon bupati (cabup) Ngawi Ony Anwar bukan perkara gampang. Sebab, tidak sedikit yang buta maupun apatis terhadap dunia politik. ‘’Tapi, bukan berarti tidak bisa dipahamkan,’’ kata Ony Kamis (5/11).

Ony menilai wajar jika kalangan milenial yang kini usianya di rentang 17-30 tahun kurang memiliki ketertarikan terhadap dunia politik. Namun, bukan berarti mereka menganggap politik sebagai sesuatu yang negatif. Melainkan hanya karena belum memiliki pemahaman yang cukup.

Ony terang-terangan mengakui bahwa kalangan anak muda merupakan lumbung suara yang menjanjikan dalam kontestasi pilkada karena jumlahnya terbilang gemuk. Pemilih milenial di Ngawi usia di bawah 20 tahun saat ini sebanyak 51.541. Sedangkan yang berusia 21-30 tahun 120.542. Jika ditotal mencapai sekitar 25 persen dari seluruh daftar pemilih tetap (DPT).

Karena itu, pihaknya sudah ’’bergerilya’’ melakukan pendekatan dengan beberapa komunitas anak muda. Mulai penggemar sepak bola, balap motor, memancing, hingga YouTuber. ‘’Dari situ kami juga mendapatkan masukan terkait pembangunan daerah,’’ ungkapnya.

Anak muda penggemar sepak bola, misalnya, Ony menyebut banyak yang berharap Ngawi memiliki stadion yang representatif. Menurutnya, hal itu merupakan salah satu masukan yang positif untuk pembangunan ke depan.

Sebelumnya, pengamat politik Syamsul Wathoni menyebut kaum milenial umumnya memiliki karakteristik cuek terhadap isu politik. Penyebabnya, mereka jarang disentuh penyelenggara pemilu maupun kandidat.

‘’Memang tidak ada ukuran pasti terkait kehadiran kaum milenial maupun pemilih pemula. Tapi, sebenarnya mereka punya antusiasme tinggi terhadap politik ketika ada yang mengajak,’’ ujarnya.

Karena itu, Toni -sapaan akrab Syamsul Wathoni- menilai kandidat yang bertarung dalam pilkada harus lebih intens melakukan pendekatan kepada kaum milenial. ‘’Bisa secara langsung maupun lewat media sosial. Termasuk ajakan jangan golput dan sebagainya,’’ ungkapnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button