Ngawi

Ony Mulai Utak-atik SOTK

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Komponen kerja pemerintahan di Pemkab Ngawi bakal dirampingkan. Gerbong perangkat daerah (PD) peninggalan mantan bupati Budi Sulistyono akan dibongkar melalui perubahan struktur organisasi dan tata kerja (SOTK).

Wacana tersebut menindaklanjuti turunnya Peraturan Pemerintah (PP) 72/2019 tentang Perangkat Daerah. ‘’Perubahan SOTK bagian dari efisiensi kinerja dan reformasi birokrasi,’’ kata Ony, Senin (24/5).

Hanya Ony belum bisa memastikan berapa jumlah PD bakal kena rombak. Juga perubahannya cukup mengganti nomenklatur atau membentuk perda baru. ‘’Karena ruh perubahan SOTK tidak terlepas dari efisiensi kinerja di masing-masing PD,’’ ujarnya.

Setidaknya ada empat instansi yang disebut bupati berpeluang berubah dan terbentuk. Pertama, kantor kesatuan bangsa dan politik (kesbangpol) menjadi badan Kesbangpol. Lalu, merampingkan empat bidang di dinas pendidikan (dindik) menjadi tiga.

Ketiga, melebur dinas pertanian (dispertan) dan dinas pangan dan perikanan (DPP) menjadi dinas pertanian dan ketahanan pangan. Terakhir, kemungkinan membentuk dinas kehewanan, peternakan, dan perikanan. PD itu gabungan bidang perikanan (DPP) dan peternakan (dispertan). ‘’Kami sesuaikan pula dengan skala prioritas di Ngawi,’’ ucapnya. (sae/cor/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button