Magetan

Oknum Perangkat Desa Klagen Gambiran Diduga Selewengkan Bansos?

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Desa Klagen Gambiran, Maospati, Magetan, diterpa isu kasus dugaan penyelewengan bantuan sosial (bansos). Yakni, pada tahun anggaran 2020 dan dua bulan di tahun ini. Tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) Maospati menemukan kejanggalan beberapa jenis penyaluran bansos yang dilakukan oknum perangkat desa setempat. ‘’Kami telah melaporkan kasus ini ke dinas sosial,’’ kata Eni Susilowati, TKSK Maospati, Selasa (4/5).

Eni mengungkapkan, oknum itu mencairkan bansos lima warga yang sudah meninggal. Juga mengelola penyaluran bansos kepada warga secara tidak wajar. Seperti bantuan bahan pokok berupa beras dan telur yang harganya di bawah Rp 200 ribu. Selain kualitasnya buruk, beratnya juga tidak sesuai setelah ditimbang ulang. ‘’Banyak warga mengeluhkan,’’ ujarnya.

Dia menyebut bahwa oknum itu mengelola sendiri penyaluran bansos. Mulai dari proses memasok barang. Padahal, pemasok bahan pokok harus dari elektronik warung (e-warung) yang murni pedagang swasta. ‘’Alasannya hanya sementara, tapi keterusan sampai setahun penuh,’’ ungkapnya sembari menyebut kasus telah diselesaikan dengan mengembalikan pengelolaan ke e-warung. (fat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button