Pacitan

Objek Wisata Pacitan Dibuka 18 Juni Mendatang

Jumlah Pengunjung Dibatasi, Terapkan Protokol Kesehatan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Kurva kasus Covid-19 di Pacitan belum menunjukkan tanda stabil sampai dengan Minggu (31/5). Namun, pemkab sudah berancang-ancang untuk membuka sektor pariwisata bagi pelancong.

Dalam Surat Edaran (SE) Nomor 443/198/408.21/2020 tertanggal 29 Mei tersebut, seluruh objek wisata serta tempat hiburan malam (THM) ditutup sementara sampai 17 Juni 2020. Akan dibuka kembali pada 18 Juni. ‘’Mungkin ini akan menjadi perpanjangan penutupan objek wisata kami yang terakhir. Rencananya pada 18 Juni akan kami buka,’’ kata Kepala Disparpora Pacitan T. Andi Faliandra.

Dalam SE yang ditandatangani oleh Bupati Indartato tersebut juga disebutkan soal kewajiban pengelola objek wisata, THM, dan pelaku jasa pariwisata untuk mengikuti protokol kesehatan yang dikeluarkan dinas kesehatan (dinkes). Selain itu, disparpora bakal menerapkan ambang batas jumlah kunjungan wisatawan sekitar 50 persen per hari.

Andi mencontohkan Pantai Klayar yang mempunyai kapasitas 20 ribu pengunjung. Setelah diberlakukannya tatanan new normal, maksimal hanya boleh dikunjungi sekitar 10 ribu pengunjung selama satu hari.

Hal serupa juga berlaku bagi objek wisata Gua Gong dan Pemandian Air Hangat Tirto Husodo. ‘’Kami pangkas (kunjungannya), dengan begitu lebih mudah menghitungnya,’’ ujar mantan staf ahli bupati bidang sosial, kemasyarakatan, dan SDM itu.

Sebagai antisipasi membeludaknya tingkat kunjungan wisatawan saat hari pertama pembukaan kelak, Andi memberlakukan prebooking tiket bagi agen wisata. ‘’Jadi, mereka tidak akan kecewa karena sudah jauh-jauh datang ke sini,’’ tutur Andi. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

2 Comments

  1. Kak, mohon info dong apakah per hari ini 22 juni 2020 kawasan wisata pacitan sudah dibuka. ? Dan bisa dikunjungi. ?

    Terimakasih

  2. Kak, mohon info dong apakah per hari ini 22 juni 2020 kawasan wisata pacitan sudah dibuka. ? Dan bisa dikunjungi. ?

    Terimakasih Kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close