Ngawi

Objek Wisata Ngawi Dibuka Kembali Awal Juli

Abai SOP Bisa Ditutup Lagi

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Para pelaku usaha pariwisata bisa bernapas lega. Pasalnya, pemkab berencana membuka kembali tempat wisata yang sebelumnya terpaksa ditutup akibat pandemi Covid-19 mulai 1 Juli mendatang.  ‘’Tapi, pihak pengelola harus siap menjalankan SOP (standard operating procedure, Red) new normal yang ditetapkan,’’ kata Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Ngawi Totok Sugiharto Minggu (21/6).

Pihaknya sudah menyosialisasikan SOP new normal untuk sektor pariwisata. Salah satunya penerapan protokol kesehatan bagi pengelola maupun pengunjung seperti mengenakan masker, menjaga jarak minimal satu meter, dan cuci tangan pakai sabun. ‘’Untuk kapasitas pengunjung akan dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas normal,’’ ujarnya.

Aturan new normal itu, lanjut Totok, berlaku bagi objek wisata yang dikelola pemerintah maupun swasta seperti Srambang Park, Suwono Park, dan lainnya. Kendati demikian, kolam renang dan wisata air lainnya belum diizinkan dibuka. ‘’Karena menurut tim gugus tugas, merupakan media yang rawan penyebaran Covid-19,’’ ungkapnya.

Totok mengatakan, pembukaan kembali objek wisata mulai awal Juli itu masih sebatas uji coba. Pihaknya bakal melakukan evaluasi dua pekan berselang. Pengelola yang kedapatan belum menerapkan SOP new normal akan mendapat teguran. ‘’Bahkan, bisa kami tutup lagi jika pengelola tidak menaati aturan,’’ tegasnya.

Lalu, bagaimana dengan tempat hiburan malam (THM) dan bioskop? Totok menyatakan sejauh ini belum ada izin dari pemkab untuk beroperasi kembali. ‘’Perkembangannya seperti apa, terus kami koordinasikan dengan tim gugus tugas,’’ pungkasnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button