AdvertorialMadiun

Novian-Diva Terpilih Kangmas Nimas 2019

Bukan Ajang Cari Bakat, Populerkan Kampung Pesilat

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Selendang Kangmas Nimas Kabupaten Madiun 2019 dikalungkan di pundak pasangan Novian Yoga Kurniawan dan Diva Oktaviana. Keduanya terpilih sebagai pemenang kompetisi duta wisata tersebut.

Grand final ajang itu digelar di Pendapa Ronggo Djoemeno, Puspem Caruban, Minggu malam (15/12). ‘’Kangmas Nimas jadi kepanjangan tangan dinas untuk membantu pengembangan pariwisata,’’ kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Madiun Anang Sulistijono.

Anang menyatakan, Kangmas Nimas bukan sekadar ajang pencarian bakat. Melainkan mampu menjadi duta wisata yang minimal mengenalkan objek wisata kabupaten ini ke luar daerah. Pemilihan duta wisata dari kalangan pelajar dan mahasiswa dipandang efektif. Selain karena memiliki jaringan pertemanan yang cukup luas, juga pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) untuk menciptakan terobosan. ‘’Diharapkan bisa memberikan inovasinya,’’ ujar Anang.

Di luar konteks mencari pemenang lima kategori berbeda, 10 finalis Kakang Nimas itu merupakan pemuda pelopor pariwisata. Disparpora dan Paguyuban Kangmas Nimas (Payukani) telah memberikan pembekalan tentang pariwisata kepada peserta tersebut. Mulai titik dan kategori objek wisata, sarana dan prasarana (sarpras), hingga rencana pengembangan. ‘’Pembekalan itu diberikan saat masa karantina,’’ imbuh Anang.

Kompetisi duta wisata hanya tahap awal. Disparpora akan memberikan pelatihan untuk menambah ilmu para finalis. Selama periode pengembanan tugas. Mengingat keberadaan Payukani juga nge-link dengan paguyuban duta wisata di daerah-daerah lain. Hubungan tersebut sebagai potensi mengenalkan pariwisata.

Di sisi lain, disparpora akan mem-break down ulang potensi wisata secara menyeluruh. Menetapkan skala prioritas wisata tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten. ‘’Kangmas Nimas ini yang nantinya merekomendasi potensi wisata di wilayahnya masing-masing,’’ tutur mantan kepala dinas perdagangan koperasi dan usaha mikro (disperdakop-UM) tersebut.

Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto berharap para finalis Kangmas Nimas tidak hanya memopulerkan wisata, tapi juga bidang-bidang lain. Seperti Kampung Pesilat, seni Dongkrek, brem, dan sambal pecel. ‘’Tidak hanya mampu berpromosi, tapi juga bisa menjelaskan dengan baik wisata dan khasnya Kabupaten Madiun,’’ ucapnya. (cor/c1/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button