News

Nilai Utama Yang Dipetik Dari Peristiwa Sumpah Pemuda Ialah

×

Nilai Utama Yang Dipetik Dari Peristiwa Sumpah Pemuda Ialah

Share this article

Nilai Utama Yang Dipetik Dari Peristiwa Sumpah Pemuda Ialah – Janji Pemuda mempunyai peranan penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Namun maknanya bisa dijadikan pelajaran bagi generasi selanjutnya.

Makna Janji Pemuda mempunyai makna yang mendalam dalam sejarah bangsa Indonesia. Tema Sumpah Pemuda yang dimulai pada tanggal 28 Oktober 1928 tidak hanya berperan penting dalam perjuangan kemerdekaan saat itu, namun dapat menjadi pedoman bagi generasi penerus di era ini.

Nilai Utama Yang Dipetik Dari Peristiwa Sumpah Pemuda Ialah

Sepanjang sejarahnya, Janji Pemuda telah menanam benih persatuan dan solidaritas bangsa di kalangan generasi muda. Hal ini menjadi modal penting dalam perjuangan kemerdekaan.

Lembar Kerja Negara Di Eropa Untuk Kelas 5 Di Quizizz

Sebab, sebelum patriotisme lahir, perjuangan bangsa Indonesia masih bersifat lokal. Hal ini sama sekali tidak berhasil dalam upaya membebaskan kita dari kolonialisme.

Hal ini dimulai dengan munculnya organisasi massa pemuda pada tahun 1920-an. Boedi Oetomo-lah yang memelopori berdirinya gerakan berskala nasional.

Ada pula Jong Java yang didirikan oleh anak-anak muda yang tinggal di Pulau Jawa. Seiring berjalannya waktu, organisasi lain di berbagai daerah di Indonesia juga terinspirasi untuk mendirikan organisasi kepemudaan. Tujuannya sama untuk mempersatukan bangsa menuju kemerdekaan.

Hingga akhirnya para pemuda menyadari bahwa organisasi daerah saja tidak cukup untuk memaksa Hindia Belanda menyerahkan tanahnya. Oleh karena itu, beberapa organisasi dari seluruh benua memilih bersatu dalam sebuah forum untuk menciptakan persatuan bangsa.

Nilai Nilai Yang Bisa Diambil Dari Peristiwa Sumpah Pemuda, Kelas 5 Sd Tema 5

Pada Kongres Pemuda ke-1 dan ke-2, persatuan nasional dibahas. Kemudian pada Kongres Pemuda Kedua mereka sepakat untuk mengakui negaranya, bahasanya dan bangsanya yaitu Indonesia.

Pentingnya Sumpah Pemuda sangat diapresiasi oleh para pejuang kemerdekaan saat itu, meski hasilnya baru bisa dipetik puluhan tahun kemudian. Pada tanggal 17 Agustus 1945, 17 tahun setelah Sumpah Pemuda diucapkan, Indonesia mampu melepaskan diri dari penjajahan.

Namun makna Sumpah Pemuda mungkin penting bagi masyarakat Indonesia saat ini, khususnya bagi generasi penerus yaitu para pelajar. Makna Janji Pemuda saat ini bagi pelajar dan bangsa Indonesia pada umumnya adalah sebagai berikut.

1. Mengajarkan tentang nilai persatuan dan kesatuan bangsa Salah satu makna Komitmen Pemuda dalam perjuangan kemerdekaan adalah dengan mengedepankan semangat persatuan. Pasalnya, sebelum janji ini dikeluarkan, perjuangan pembebasan nasional masih bersifat regional.

Sejarah Pancasila: Fungsi, Kedudukan, Makna, Dan Butir Butir Pengamalan

Pada tahun 1920-an banyak lahir organisasi pemuda. Mulai dari Jong Java yang menyambut kedatangan orang baru dari Pulau Jawa; Jong Ambon yang merupakan perwujudan cita-cita pemuda Ambon; kepada Jong Minahasa yang menjadi tonggak penting perjuangan pemuda Minahasa.

Baca Juga  Jelaskan Fungsi Musik Dalam Pementasan Seni Tari Kreasi Daerah

Namun mereka menyadari bahwa perjuangan regional tidak efektif. Oleh karena itu para pemuda memutuskan untuk mendirikan organisasi khusus yang akan mempersatukan generasi muda dengan tujuan kemerdekaan.

Harga satuan ini mungkin bisa menjadi pengaturan bagi pelajar masa kini. Kita bisa menghayati dan mengamalkan persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak mudah terpecah belah.

Sumpah Pemuda menunjukkan bahwa keberagaman masyarakat Indonesia dapat bersatu sebagai gambaran Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda namun tetap satu.

Menggali Berlian Di Kebun Sendiri

2. Pelopor kesadaran nasional dan patriotisme menurut Azyumardi Azra yang dikutip Asvi Warman Adam dalam buku

(2010), Kongres Pemuda Kedua yang menghasilkan Janji Pemuda merupakan salah satu peristiwa bersejarah dalam sejarah bangsa Indonesia pada awal mula kesadaran nasional.

Salah satu arti penting Kewajiban Pemuda yang harus dipenuhi oleh siswa adalah kewarganegaraan; bahwa Indonesia terdiri dari banyak bangsa, suku, adat istiadat, tradisi dan bahasa. Namun, terlepas dari perbedaan-perbedaan tersebut, kita dapat bersatu berkat asal muasal yang sama, yaitu penderitaan akibat kolonialisme.

Makna dari Janji Pemuda ini dapat menjadi persiapan dan pengingat kepada para pelajar untuk selalu bangga terhadap bangsanya.

Memaknai Sumpah Pemuda Di Era Milenial

3. Bangga dengan Indonesia dan bahasanya. Makna Sumpah Pemuda dalam bangsa Indonesia, selain dua poin di atas, adalah masyarakat harus bangga terhadap negaranya. Kebanggaan nasional Indonesia dapat dicapai dengan banyak cara, termasuk menjaga nilai-nilai keindonesiaan.

Misalnya saja menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal ini juga termasuk dalam makna Janji Pemuda bagi pelajar dan bangsa Indonesia.

Pasalnya, berkat Kongres Pemuda Kedua yang menghasilkan bahasa Indonesia, masyarakat saat ini telah memiliki bahasa nasional yang mampu mempersatukan semua kalangan. Siapa pun yang memiliki latar belakang bahasa berbeda dapat bertemu dan berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda juga banyak mengandung nilai-nilai positif yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sri Sudarmiyatun dalam buku berjudul

Communicare Vol 2 No 1, Jan

(2012) menyebutkan nilai-nilai Komitmen Pemuda yaitu, patriotisme, kerjasama, negosiasi, patriotisme, persaudaraan, persatuan dan keberagaman, kerukunan, kerjasama, cinta damai dan tanggung jawab.

Oleh karena itu, Sumpah Pemuda hendaknya dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda Indonesia saat ini untuk membawa negeri ini menuju perubahan yang lebih baik, bukan justru malah memecah belah menjadi kisruh konflik antar anak bangsa. Kata-kata yang Anda butuhkan ada di buku ini. Untuk konten tertentu, lakukan survei lengkap dengan mengklik di sini.

Baca Juga  Nada 2 Lebih Tinggi Dari Nada

Janji Pemuda merupakan hasil keputusan Konferensi Pemuda Kedua yang diselenggarakan pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 di Jakarta. UPAYA MEMPERTAHANKAN KESATUAN DAN PERAN INDONESIA : Saling menghormati dan menghargai satu sama lain Menghargai hak dan kewajiban anggota masyarakat Bekerja sama dalam melakukan berbagai tugas Memiliki sikap peduli terhadap lingkungan Menghargai pendapat orang lain dalam tujuan Membantu tetangga yang berpengalaman. tragedi Berbelaskasihan antar umat 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Penderitaan penduduk akibat penjajahan. Munculnya organisasi modern pertama yaitu Budi Utomo dan organisasi daerah yang dibentuk oleh para pemuda. Memberikan edukasi kepada generasi muda akan pentingnya persatuan 1. 2. 3. P K N T E M A 5 ACARA SUMPAH REMAJA : Kami putra dan putri Indonesia, kami ucapkan satu darah, negara Indonesia. Kita putra dan putri Indonesia, kita berbangsa satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia membela bahasa persatuan, bahasa Indonesia. 1. 2. 3. ISI KONGRES PEMUDA Pada tanggal 30 April sampai dengan tanggal 2 Mei 1926 diadakan kongres pemuda yang pertama di Jakarta. Kongres yang dihadiri oleh perwakilan organisasi kepemudaan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat kerjasama antar organisasi kepemudaan. Pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 diadakan Kongres Pemuda Kedua. Kongres ini menghasilkan Janji Pemuda. Dalam kongres tersebut, generasi muda untuk pertama kalinya menyanyikan lagu Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman (W.R. Supratman). 1. 2. PROSES PEMBUATAN SUMPAH REMAJA : CARA ASLI SUMPAH MUDA Berjuang tanpa pamrih dengan keberanian karena itu baik Pantang menyerah Membela keadilan dan kebenaran Rela berkorban 1. 2. 3. 4. 5.1

CARA MENGEMBANGKAN PATRIOTISME: Menyatukan perbedaan suku, budaya, kebangsaan, dan agama. Banggalah atas nama bangsa dan pemerintah. Mengutamakan kepentingan nasional di atas kepentingan pribadi dan kelompok. Patuhi peraturan yang berlaku. Ikut serta dalam kegiatan. menunjukkan persatuan 1. 2. 3. 4. 5. UPAYA PERSATUAN INDONESIA AMERIKA SERIKAT (NKRI) 2 Deklarasi kemerdekaan Indonesia merupakan pernyataan bahwa Indonesia telah menjadi negara yang mandiri dan mandiri. Proklamasi ini dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945, pukul 10.00 WIB. Terletak di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta. Pengumuman dibacakan oleh Ir. Soekarno sebagai wakil bangsa Indonesia. Sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia, terjadi peristiwa Rengasdengklok pada tanggal 16 Agustus 1945. Peristiwa Rengasdengklok merupakan penculikan dua orang tokoh terkenal yaitu Ir. Sukarno dan Dr. Mohammad Hatta adalah seorang pejuang muda Indonesia. Mereka dibawa ke Rengasdengklok (Karawang, Jawa Barat). Kedua tokoh tersebut dikembalikan ke Jakarta dan diamankan di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda. Di rumah ini teks deklarasi disusun oleh tiga orang penting yaitu Ir. Sukarno, Moh. Hatta dan Ahmad Soebardjo. ACARA DEKLARASI KEMERDEKAAN INDONESIA (RI) Bersikap patriotik Gunakan produk Indonesia Melestarikan budaya dan tradisi Indonesia Meningkatkan kerukunan antar warga 1. 2. 3. 4.

Baca Juga  Bagian Yang Paling Menarik

Soal Uts Smplb C

Untuk melindungi kedua tokoh tersebut dari pengaruh, ancaman dan tekanan pemerintah Jepang untuk tetap tinggal, maka para pemuda meminta kedua tokoh tersebut segera mengumumkan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Bepergian bersama Soekarno pada bacaan 1. Ir. Ir.Soekarno (Bapak Penyiar) Perannya : Nama Nasional Indonesia 2. Dr. Mohammad Hatta Perannya: mengharumkan nama bangsa Indonesia, teks deklarasi 3. Ahmad Soebardjo Perannya: menyusun teks deklarasi 4. Sayuti Melik Perannya: menulis teks deklarasi 5. Fatmawati Perannya: menjahit Sang Bendera Saka Merah Putih 6. Soekarni Perannya : mengibarkan nama Ir.Soekarno dan Moh. Hatta sebagai penandatangan teks deklarasi atas nama bangsa Indonesia 7. Suhud, Latief Hendraningrat dan Surastri Karma (S.K) Peran Trimurti : mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih 8. Burhanuddin Mohammad Diah (B.M. Diah) Peran : memperbanyak teks yang ditulis. pengumuman tersebut dan didistribusikan ke seluruh dunia. 9. Laksamana Tadashi Maeda Perannya: ia meminjamkan rumahnya sebagai tempat tinggal untuk teks deklarasi.

Pengaruh geografis Indonesia juga mempengaruhi kehidupan sosial dan budaya masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai ras, budaya, agama dan latar belakang. Meski berbeda-beda, Indonesia tetap bersatu sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika. KESATUAN DAN KESATUAN DALAM KEHIDUPAN BUDAYA MASYARAKAT 4 KESATUAN DALAM BIDANG SOSIAL untuk mencapai tingkat kemajuan sosial yang merata dan selaras dengan kemajuan bangsa. TERJADINYA KESATUAN KEBUDAYAAN BERARTI KEKAYAAN BERBEDA KEBUDAYAAN MENJADI MASA PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN INDONESIA, YANG HASILNYA AKAN DIPERBESAR OLEH SELURUH BANGSA INDONESIA. Contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesejahteraan budaya: 1. Saling menghormati pemeluk agama lain yang berdoa 2. Gotong royong membersihkan lingkungan, walaupun berbeda bangsa, budaya, dan agama 3. Gotong royong membangun komunitas struktur tanpa membeda-bedakan latar belakang sosial 4. Membantu korban bencana alam, meskipun berasal dari tempat lain 5. Menghargai kebudayaan bangsa lain dan berniat mempelajarinya. Konsep nusantara merupakan persepsi dan sikap masyarakat Indonesia terhadap diri dan letak geografisnya. Pemandangan pulau-pulau

Latar belakang peristiwa sumpah pemuda, sejarah peristiwa sumpah pemuda, peristiwa sumpah pemuda 1928, peristiwa sumpah pemuda terjadi pada tanggal, makna peristiwa sumpah pemuda, arti dari sumpah pemuda, semangat dan komitmen peristiwa sumpah pemuda, peristiwa sumpah pemuda, kapan peristiwa sumpah pemuda terjadi, peristiwa terjadinya sumpah pemuda, kronologis peristiwa sumpah pemuda, naskah drama peristiwa sumpah pemuda