Ponorogo

Nilai Jual Gula Tembus Rp 18.500 Per Kg, Pergerakan Harga Sembako Dipantau

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Sehari menjelang Ramadan, harga bahan pangan di pasar-pasar Ponorogo relatif stabil. Terutama sembilan bahan pokok alias sembako. Hanya harga gula pasir yang cenderung naik karena stok terbatas.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro (Disperdakum) Ponorogo Addin Andanawarih mengatakan, harga gula saat ini mencapai Rp 18.500 per kilogram (kg). Naik sekitar Rp 500 dari sebelumnya. Namun, harga itu masih tergolong tinggi. Karena harga eceran tertingginya Rp 12.500 per kg. ‘’Harga gula naik karena pasokannya berkurang. Gula impor juga belum bisa masuk. Akibatnya pasokan menjadi turun,’’ terang Addin Rabu (22/4).

Meski demikian, Addin memprediksi harga gula pasir akan kembali stabil sebelum Lebaran. Karena beberapa pabrik gula (PG) sudah mulai giling. ‘’Kalaupun naik, biasanya akan segera turun begitu stoknya terpenuhi,’’ ujarnya.

Untuk stok bahan pokok lainnya, Addin menyatakan aman. Harganya juga cukup stabil. Mulai telur ayam, minyak goreng, bawang putih, hingga beras. Meski begitu, pemantauan di pasar-pasar tetap akan dilakukan pihaknya. ‘’Pemantauan hingga sidak akan terus dilakukan untuk menjaga kestabilan harga dan stok,’’ katanya.

Pemantauan itu dilakukan dengan mendata stok bahan pokok secara berkala. Jika ada kekurangan sehingga menyebabkan gejolak, bakal dilakukan operasi pasar untuk menekan harga. ‘’Meski sekarang belum ada gejolak, bukan berarti pemantauan tidak dilakukan. Sebaliknya, pemantauan ini penting agar masyarakat tenang dalam menghadapi Ramadan. Sekaligus untuk mencegah penimbunan,’’ paparnya. (naz/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close