News

Nilai Instrumental

×

Nilai Instrumental

Share this article

Nilai Instrumental – Pengertian dan Contoh Nilai-Nilai Inti, Instrumental, Praksis – Lanjutan dari postingan sebelumnya tentang Penerapan Panaxilla sebagai Ideologi Nampak. Saya akan berbagi materi lagi mengenai pengertian Core Values, Instrumental Values ​​dan Praxis Values.

Panxilla merupakan konsep terbuka yang memiliki ukuran elastisitas atau kelenturan karena Panxilla mempunyai nilai ganda.

Nilai Instrumental

Panaxilla setidaknya mempunyai 3 nilai yaitu nilai inti, nilai instrumental dan nilai praksis. Apa maksud dari ketiga nilai tersebut, kami jelaskan secara singkat di bawah ini.

Contoh Contoh Nilai Instrumental Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari

Pengertian Nilai-Nilai Dasar Nilai-nilai dasar bersifat tetap (tidak dapat diubah), nilai-nilai tersebut tertuang dalam Pembukaan UUD 194. Nilai-nilai inti yang terkandung dalam Panaxilla antara lain:

Nilai ketuhanan artinya beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakan alam semesta ini. Hal ini bertujuan agar Indonesia bukan negara atheis, melainkan negara religius.

Nilai kemanusiaan mengandung arti bahwa setiap orang hendaknya diakui dan diperlakukan sesuai harkat dan martabatnya sebagai makhluk Allah, yang mempunyai kedudukan, hak, dan kewajiban. Kita sering menyebut hak-hak tersebut sebagai hak asasi manusia (HAM) khusus bagi masyarakat.

Nilai persatuan mempunyai arti bahwa negara Indonesia menganut nilai-nilai persatuan untuk menciptakan rasa nasionalisme terhadap NKRI. Nilai persatuan ini juga bermakna bahwa seluruh warga negara Indonesia harus bersatu untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Pancasila Sebagai Sumber Nilai Dan Paradigma Pembangunan

Nilai-nilai kerakyatan mengandung makna bahwa pemerintahan harus berdasarkan prinsip demokrasi, yaitu dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Segala permasalahan yang ada juga harus diselesaikan melalui musyawarah dan mufakat.

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah tujuan yang ingin kita capai, tanpa keadilan tidak mungkin tercipta kesejahteraan. Oleh karena itu, keadilan harus ditegakkan di Indonesia.

Baca Juga  Perhatikanlah Benua Dan Samudra Yang Mengelilingi Indonesia

Nilai-nilai inti Pancasila (Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Demokrasi, dan Keadilan Sosial) kemudian ditransformasikan menjadi nilai-nilai instrumental dan nilai-nilai praktis yang lebih fleksibel ditinjau dari norma atau aturan kemasyarakatan, kebangsaan, dan kemasyarakatan. Sektor sosial. kehidupan publik

Yang dimaksud dengan nilai instrumental adalah penjabaran nilai-nilai inti yang lebih kreatif dan dinamis dalam tatanan peraturan perundang-undangan negara berdasarkan Undang-Undang Tahun 1945 baik berupa UUD 1945 maupun peraturan perundang-undangan lainnya. 10 Tahun 2004. Harga instrumen ini dapat berubah atau bervariasi.

Pengertian Nilai Instrumental Pancasila Disertai Contohnya

Dalam Pasal-pasal UUD 1945 kita dapat melihat penjabaran nilai-nilai inti Pancasila menjadi nilai-nilai instrumental. Berikut dapat dilihat pada artikel: Contoh Nilai Instrumental dalam Pasal UUD 1945.

Pengertian Nilai Praksis adalah nilai-nilai yang diwujudkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Nilai-nilai praksis mungkin/dapat berubah juga.

Dengan demikian, secara praktis kita dapat menerapkan nilai-nilai inti yang dituangkan dalam bentuk peraturan perundang-undangan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Di bawah ini adalah contoh nilai inti, nilai instrumental, dan nilai praksis. Misalnya nilai-nilai inti demokrasi atau demokrasi (Core Values ​​dalam Sila Keempat Pancasila) terkait pemilu presiden dan wakil presiden tahun 2004 dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Bab 1 Xii 3.1.3 B Substansi Hak Kewajiban Wn Dalam Nilai Instrumental Pancasila

(1) Setiap orang bebas mengamalkan dan beribadah menurut agamanya, belajar dan mengajar, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih dan meninggalkan tempat tinggal dalam wilayah negaranya, dan berhak untuk kembali.

(1) Kerajaan itu didasarkan pada kepercayaan kepada Tuhan saja. (2) Negara menjamin kebebasan setiap warga negara untuk mengamalkan dan beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya.

Baca Juga  Mengapa Kita Harus Menghormati Pilihan Teman

– Toleransi terhadap agama lain. – Menghormati orang lain yang berbeda agama saat beribadah.

Semua warga negara mempunyai kedudukan yang sama di hadapan hukum dan pemerintah serta wajib menaati hukum dan pemerintah tanpa kecuali. (2)

Nilai, Sikap Dan Kepuasan Kerja

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara kepulauan yang bercirikan negara kepulauan yang mempunyai wilayah, batas negara, dan kekuasaan legislatif.**

(1) Pemilihan Umum diselenggarakan setiap lima tahun sekali secara langsung, terbuka, bebas, rahasia, jujur, dan adil. *** ) dll.

(3) Tanah, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. dll.

(2) Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat lemah dan kurang beruntung sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan.****) dsb.

Nilai Dasar, Nilai Instrumental, Nilai Praksis, Ilea Putrisia Xi Mipa 1

Dari tabel di atas dapat dipahami bahwa apapun aturan yang menjadi nilai penting, cara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dapat diubah, diperbaiki dan disesuaikan dengan kebutuhan zaman, namun ini unsurnya (utama). tidak boleh dihilangkan. dari nilai inti sila Pancasila yang keempat yaitu nilai kerakyatan atau nilai demokrasi.

Sementara itu, nilai amalan bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya dengan fokus pada nilai-nilai instrumental dan nilai-nilai inti.

Tim redaksi terdiri dari para profesional dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang manajemen, SDM dan pemasaran. merupakan situs pendidikan dan karir yang selalu berupaya memberikan informasi yang akurat, terpercaya, dan terkini.

Nilai bitcoin, nilai ielts, nilai valas, nilai tukar, instrumental, nilai emas, nilai zakat, nilai toefl, aplikasi nilai, nilai sinus, nilai normal, nilai toefel