Mejayan

Niaga Terbentuk, Harga Cengkih Terus Memburuk

Disperdakop-UM Bersedia Carikan Pangsa Pasar Baru

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Cengkih sulit laku menjadi atensi Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro (Disperdakop-UM) Kabupaten Madiun. Organisasi perangkat daerah (OPD) itu bersedia menjembatani untuk menemukan pangsa pasar baru bagi komoditas yang belakangan harganya kelewat murah itu.

Sekretaris Disperdakop-UM Kabupaten Madiun Agus Suyudi menyebut bahwa cengkih memiliki pangsa pasar khusus. Sebetulnya, perniagaan komoditas ini telah terbentuk. Para petani juga telah memiliki jaringan perusahaan rokok. ‘’Sudah punya mitra masing-masing. Sedikit yang menjual langsung ke pasar,’’ katanya.

Diketahui, produksi cengkih turun dalam dua tahun terakhir. Penyebabnya, luasan lahan cengkih berkurang karena serangan bakteri pembuluh kayu cengkih (BPKC). Anehnya, minimnya ketersediaan barang tidak menaikkan harga jualnya. Kondisi tersebut membuat petani bingung menjual hasil tanamannya. ‘’Harga memang turun. Tapi, hingga saat ini belum ada laporan dari petani atau pedagang cengkih ke kami,’’ ujarnya.

Menurut Agus, penyebab memburuknya harga cengkih harus dikupas lebih dalam. Seperti ada tidaknya kendala di mitra petani atau tengkulak. Pihaknya sempat menduga penyebab turunnya harga tahun ini karena pandemi Covid-19. Pabrik rokok sempat berhenti produksi. ‘’Saat ini pabrik telah produksi kembali, tapi harga jual cengkih tak kunjung membaik,’’ ungkapnya.

Dia menjelaskan, harga suatu komoditas di pasaran dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya, harga eceran tertinggi (HET) sebagai acuan dan pengontrol harga. Namun, hal itu tidak berlaku untuk cengkih. ‘’Naik atau turun harga tergantung situasi dan kondisi,’’ ujarnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close